Religi  

Renungan Katolik, Meminta, Mencari dan Mengetuk

Hari Biasa, Prapaskah I
Est 4: 10a.10c-12,17-19 & Mat 7:7-12
[Thn. VI-SS/69/3/2022]

Pastor Riano Tagung, Pr

Marilah kita berdoa:
ALLAH BAPA MAHABAIK, syukur berlimpah ku haturkan kehadiratMu atas benih cinta yang telah Engkau tanam di dalam hatiku ini yang membuatku selalu terpikat pada KASIHMU. Kobarkanlah selalu semangat doa dan penyerahan diri di dalam hidupku, agar aku selalu hidup seturut kehendakMu dan meletakkan pengharapan serta pertolongan hanya kepadaMu. Semoga aku tak pernah jemu mengetuk pintu belaskasihMu agar senantiasa mendapatkan kelegaan dariMu. Dengan Pengantaraan Yesus Kristus PuteraMu, Tuhan kami yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah sepanjang segala masa, Amin.

Dalam khotbah di bukit Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Mintalah, maka kamu akan diberikan; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta akan menerima, setiap orang yang mencari akan mendapat, dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu akan dibukakan. Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, atau memberi ular, jika ia meminta ikan? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya.” Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

Mau Berdoa, Ingat Pesan Yesus, 3M: Meminta, Mencari Dan Mengetuk

Meminta

Bertekunlah selalu dalam berdoa. BERDOALAH dan BERDOLAH, meski terkadang kita merasakan segala doa kita seperti embun pagi yang melesap begitu saja diterpa fajar mentari, sia-sia dan seolah tidak memberikan hasil apa-apa. BERTEKUNLAH dalam DOA, DOA akan selalu membawa hasil yang menyukakan hati kita.

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih,
Saya mengajak kita untuk kembali ingat pesan YESUS. Memasuki masa Prapaskah, ingat 3 B: BERDERMA, BERDOA DAN BERPUASA. Tiga hal ini tidak boleh kita lupakan selama masa Prapaskah. Berderma: Memberi dari apa yang telah kita dapatkan dari kemurahan HATI TUHAN. Berdoa: berjumpa dan berdialog dengan DIA dalam hening ruang hati kita untuk Mendapatkan Kasih Karunia ALLAH. Berpuasa: masuk dalam ruang hati ALLAH, saat pintu HatiNya kini terbuka, menanti kedatangan kita untuk tinggal di sana, supaya kehendakNya yang terlaksana di dalam hidup dan karya kita. Agar bisa masuk dalam hadiratNya, kita harus bisa melepaskan segala kecenderungan manusiawi kita, dosa kita, ego kita.

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS,
Dalam kotbahNya di bukit, pada hari ini, YESUS berkata Mintalah maka kamu akan diberi, carilah maka kamu akan mendapat dan ketuklah maka pintu akan dibukakan bagimu. Setiap orang yang meminta akan menerima, setiap orang yang mencari akan mendapat dan setiap orang yang mengetuk baginya pintu akan dibukakan. Inilah sebuah DOA di mana YESUS mengundang kita semua untuk Meletakkan Kehendak Allah diatas segala-galanya. Di dalam doa, kita mencari kehendak ALLAH. Di dalam DOA, kita meminta apa yang menjadi kehendak ALLAH. Dan, di dalam DOA, kita mengetuk pintu hati ALLAH, agar kita diperkenankan masuk, tinggal di dalam HATI ALLAH.

Ketahuilah bahwa jangan meminta yang bukan menjadi kehendak ALLAH di dalam doa, nanti kita tidak akan mendapatkan apa-apa.

Kemudian, jangan mencari kehendak diri sendiri di dalam doa, nanti kita akan cepat merasa bosan dan lelah dalam berdoa.

Lalu, jangan mengetuk pintu terlalu keras kalau kita mendapatkan masalah dalam hidup, dan janganlah mengetuk pintu terlalu lembut hati kita bersukacita. Tapi ketuklah hati ALLAH dari HATI yang ditaburi dengan cinta yang tulus.

Doa yang Berkualitas

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih,
Marilah kita di masa Prapaskah ini melihat kembali kehidupan doa kita. DOA bukan soal kuantitas; lamanya kita berdoa. Tapi, DOA soal Kualitas, penghayatan, perjumpaan dan pengalaman yang kita peroleh dalam DOA. DOA yang berkualitas adalah menjadikan doa itu hidup, dan menghidupi doa itu dalam seluruh kehidupan kita setiap hari. Artinya, meskipun kita sedang bekerja, melaksanakan rutinitas harian kita, pada saat yang sama kita juga sedang berdoa. Bekerja dalam doa dan berdoa untuk semua pekerjaan yang kita lakukan agar apa yang kita minta, cari dan ketuk dari setiap usaha kita setiap hari semuanya itu BERKENAN DI HATI ALLAH.

Omnia Sunt Gratia Caritate Dei
Semua Karena Kasih Karunia Allah!
=1 Kor 15:10=

Servire Dio Con Amore e Gioia
Melayani Allah dengan Cinta dan Sukacita

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV