Jangan Berteman dengan Pengkhianat!

berteman
ilustrasi (Foto by Google)
Edi Danggur, Praktisi Hukum dan Pemerhati Masalah Sosial.

Ada dua orang anak di suatu kampung yang berteman akrab sejak mereka masih SD dan SMP. Yang satu bernama Donatus dan satu lagi bernama Kristianus. Nama panggilan untuk orang-orang kampung itu biasanya sangat khas, yaitu berakhiran dengan “us”. Maka Donatus dipanggil Natus dan Kristianus dipanggil Anus. 

Dalam diri kedua anak itu ada keunggulan yang saling melengkapi satu sama lain. Natus punya kecerdasan di atas rata-rata, sedangkan Anus punya kecerdasan “rata net” istilah orang di kampung untuk anak-anak yang kurang cerdas. Walaupun demikian, Anus unggul dalam dunia seni suara dan sangat menguasai goet-goet khas Manggarai.

Dengan keunggulan yang ada pada kedua anak itu, masyarakat sekampung mendorong keduanya untuk mengenyam pendidikan tingkat SMA di kota. Ada harapan yang terpatri di hati masyarakat kampung itu bahwa kelak keduanya akan jadi pemimpin di daerah mereka. Dengan modal ijazah SMP, kedua anak ini mengadu nasib di kota. Memompa rasa percaya diri sedemikian rupa agar keduanya bisa betah dan menjadi warga kota yang baik.

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV