Umat Muslim di Reok Gelar Malam Takbiran Nasional sambut Idulfitri

Malam Takbiran
Suasana Malam Takbiran di Reok, menyambut Idulfitri 1443 H. Foto: Peter Bota

Ruteng, infopertama.com – Masjid Nurul Huda Reo, Kelurahan Reo, Kec. Reok, Kabupaten Manggarai, NTT, menyelenggarakan kegiatan malam takbiran nasional menyambut hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah pada Minggu (1/5/2022) malam.

Malam takbiran tersebut merupakan malam menuju puncak Kemenangan karena umat Muslim telah melewati sebulan menahan godaan dan taat beribadah.

Berdasarkan pantauan awak media, Minggu, 1 Mei 2022, bahwa nuansa pelaksanaan malam takbiran kali ini terlihat begitu ramai dan antusias. Dan, sebelum melaksanakan pawai keliling, seluruh umat muslim yang hadir pada kesempatan tersebut melakukan doa bersama.

Malam takbiran kali ini begitu bebeda dengan pelaksanaan takbir di tahun yang sebelumnya, karena masih pandemik covid-19.

Wujudkan ukhuwah basyariah atau Insaniyah

Mahmud Bethan, selaku Ketua Panitia pelaksana hari raya Idulfitri 1443 H, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “Takbir adalah Amalan Sunah. Atau bagian dari ritual umat Islam dalam menyambut hari raya Idulfitri.”

“Ritual ini akan dapat membangkitkan semangat ukhuwah Islamiya (persaudaraan umat islam) yang akan melahirkan ukhwah wathaniyah (persaudaraan bangsa). Dan ukhuwah basyariah atau Insaniyah (persaudaraan umat manusia) dalam mengerjakan kebaikan,” cetusnya

Lebih lanjut Ia juga menyampaikan harapannya kepada seluruh umat muslim yang ikut pada malam takbiran tersebut untuk tetap menjaga kenyamanan kedamaian. Dan, ketertiban selama berlangsungnya proses takbir keliling ini sampai selesai.

Sementara di waktu yang sama, ketua panitia hari besar islam Masjid besar Nurul Huda Reo dan juga sebagai ketua Badan Takmir (Pengurus Masjid) Nurul Huda Reo, Abdul Majid menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan takbir malam hari ini.

“Semoga kegiatan takbir kali ini dapat merepresentasi perwujudan rasa syukur kita sebagai umat muslim yang telah melaksanakan ibadah puasa dengan baik.” Tandasnya.

Lebih lanjut ia juga mengungkapkan terima kasihnya kepada segenap umat muslim yang telah ikut berpartisipasi pada malam takbir ini. Juga kepada para hadirin yang ikut dalam mendukung pelaksanan malam takbiran ini. Serta kepada jajaran panitia kegiatan pelaksanaan takbir keliling.

Malam Takbiran
Aparat Kepolisian dan TNI ikut mengkawal pelaksanaan Malam Takbiran di Reok

Kegiatan tersebut mendapat kawalan ketat dari anggota TNI dan POLRI dari Koramil 1612-03 Reo dan Polsek Reo. Turut hadir dalam kegiatan takbir keliling tersebut, Camat Reok Ahmad Pahu, Sekcam Reo, Edi Junidin, anggota DPRD Kab. Manggarai, Kamsudin Usman, dan OMK Paroki Reo.

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV