Religi  

Renungan Katolik, Hidup yang Berkualitas

Ketegaran Hati
Pastor Riano Tagung, Pr Pastor Rekan Paroki Tanggar

Selasa, 07 Juni 2022
HARI BIASA, PEKAN BIASA X
Mat. 5:13-16
[Thn. V-SS/157/6/2022]

Marilah kita berdoa:Allah Bapa Mahakudus, syukur berlimpah untuk satu hari baru yang dipenuhi dengan Terang dan DamaiMu. Satu Ya lagi akan terucap di hari ini. Ya atas kasihMu yang senantiasa memelihara kami dengan rahmatMu. Semoga kami, Engkau meteraikan melalui Yesus PuteraMu agar menjadi milik kesayanganMu yang dapat menjadi terang dan garam dunia. Sebab Dialah Tuhan Pengantara kami Yang bersama dengan Dikau dalam Persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah sepanjang segala masa, Amin.

Dalam khotbah di bukit Yesus bersabda, “Kalian ini garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah dapat diasinkan? Tiada gunanya lagi selain dibuang dan diinjak orang. Kalian ini cahaya dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian, sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. Demikianlah hendaknya cahayamu bersinar di depan orang, agar mereka melihat perbuatanmu yang baik, dan memuliakan Bapamu di surga.”

Hidup yang Berkualitas!

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih,
ORANG yang HEBAT banyak ditemukan!
Tetapi, ORANG yang BERKUALITAS itulah hendaknya menjadi pilihan hidup kita saat ini.
Menjadi Garam yang tak kekurangan asinnya
Menjadi Cahaya yang tak suram sinarnya
Orang yang berkualitas akan mampu menempatkan diri sebagai
Garam dan Cahaya pada situasi dan waktu yang berbeda ataupun bersamaan tanpa harus kekuarangan asinnya dan sinarnya.

Orang yang berkualitas adalah orang yang berani menjawab YA atas setiap pilihan dan panggilan TUHAN, apapun itu, panggilan sebagai kaum terbaptis maupun sebagai kaum tertahbis. Ya yang bertanggung jawab, YA yang setia, Ya yang tidak berubah menjadi tidak, Sebab di dalam YESUS hanya ada YA, YA yang memampukan kita untuk menjawab YA juga.

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN,
Hari ini, kita mendengarkan kembali lanjutan kotbah YESUS di bukit. Yesus mengatakan “Kalian ini garam dunia…. Kalian ini cahaya dunia. Kata-kata YESUS menggugah kesadaran kita sebagai orang beriman. Orang beriman yang berkualitas di dalam hidupnya. Tak cukup kita hanya mengaku sebagai pengikut YESUS, tapi hidup kita harus menujukkan secara nyata bagaimana menjadi pengikut YESUS itu, pengikut yang setia, pengikut yang berkualitas.

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN,
Bertitik tolak dari bacaan suci pada hari ini, kita dipanggil untuk merawat kembali hidup kita dan menjadikannya berkualitas. Hidup yang berkualitas,seturut bacaan hari ini adalah hidup yang menjadi garam bukan di laut, dan menjadi terang bukan di siang hari. Artinya, kehidupan kita akan semakin berguna bila kita berani keluar dari zona nyaman dalam kehidupan kita. Jangan takut untuk menjadi berbeda dan berkualitas.

Setiap kita memiliki “garam” dalam kehidupan ini, akan tetapi, apakah garam kehidupan kita mampu mengawetkan rasa KASIH SAYANG, CINTA dan PERHATIAN? Ataukah sebaliknya, garam kita telah kekurangan asinnya sehingga menjadi garam yang justru mengawetkan rasa dendam, amarah, kebencian, iri hati dan kesombongan. Di samping memilki garam yang mesti mampu menggarami diri sendiri dan sesama, kita juga memilki TERANG di dalam kehidupan kita saat ini. TERANG yang berkualitas, adalah terang yang mampu membawa orang untuk keluar dari suasana kegelapan di dalam hidupnya. Terang kita tak semestinya suram bila hidup kita tidak terpisah dan jauh dari TERANG sejati yaitu YESUS. Semakin kita hidup dalam KRISTUS maka hidup kita akan semakin bercahaya, menjadi pelita bagi diri sendiri dan sesama. Sebaliknya, kita akan semakin kehilangan terang dalam hidup ini bila kita perlahan tapi pasti menjauh dari cinta KASIH TUHAN.

SAHABAT SENDAL SERIBU YANG TERKASIH DALAM KRISTUS TUHAN,
HIDUP ini adalah tentang sebuah komitment. Komitment untuk menjadi pribadi yang berkualitas seturut panggilan dan pilihan hidup kita masing-masing. Di mana dan kapan saja kita harus berani menunjukkan diri sebagai pribadi yang berkualitas.
Marilah kita melekatkan diri kepada TUHAN, biarlah YESUS meletakkan YA nya di dalam hati dan mulut kita agar HIDUP SEMAKIN BERKUALITAS, menjadi garam dan terang bagi dunia.

Salam dan doaku KASIH PUTIH dari HATI yang TULUS MENCINTAI
Berkat dan doaku
Pastor Ryano Tagung, Pr

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV