Lantik 10 PKD, Ketua Panwaslucam Cibal Barat: Jadilah Pengawas yang Profesional dan Berintegritas

Ruteng, infopertama.com – Ketua Panwaslucam Cibal Barat, Salvinus Bustan menerangkan, PKD yang dilantik itu ialah berjumlah 10 orang sesuai dengan jumlah desa yang ada di Kecamatan Cibal Barat.

“Setiap desa, ada satu orang PKD. Mereka bertugas untuk mengawasi seluruh proses dan tahapan pelaksanaan Pemilihan [Pilkada Serentak 2024] agar dapat berjalan sesuai dengan regulasi yang ada dan menjamin tercapainya Pemilihan yang berkeadilan,” kata Salvinus Bustan.

Karena itu, demikian Salvinus Bustan melanjutkan, semua PKD yang dilantik itu diminta untuk bekerja secara profesional dan mesti menjunjung tinggi integritas.

“Kami minta agar semua PKD yang dilantik hari ini agar bekerja profesional dan selalu menjaga integritas. Dua hal itu merupakan keutamaan yang wajib dimiliki oleh PKD,” tutur dia.

Perkuat Kapasitas Diri

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat [HP2H] Panwaslucam Cibal Barat, Yones Hambur meminta agar semua PKD yang telah dilantik itu untuk selalu memperkuat kapasitas diri.

Menurut Yones Hambur, kapasitas diri itu dapat diperkuat dengan cara selalu membaca dan memahami berbagai macam litelatur kepengawasan Pemilihan termasuk sejumlah regulasi yang berlaku.

“Jadi PKD rajin membaca, khususnya membaca dan memahami berbagai macam aturan yang ada. Kalau itu dilakukan, kerja kepengawasan akan menjadi lebih mudah dilakukan,” tutur Yones Hambur.

Lebih lanjut, Yones Hambur juga meminta kepada PKD yang dilantik agar selalu melakukan komunikasi secara berjenjang ketika menjalankan tugas.

“Komunikasi itu penting. Kalau ada kendala dalam menjalankan tugas atau kerja kepengawasan, wajib berkonsultasi ke atasan. Itu dilakukan secara berjenjang,” tegas Yones Hambur.

Untuk diketahui, upacara pelantikan itu juga dihadiri oleh Anggota Bawaslu Kab. Manggarai, Yohanes Manasye, PPK Cibal Barat, Camat Cibal Barat, Kapospol Cibal Barat dan perwakilan dari pihak TNI beserta saksi rohani.

Usai dilantik, 10 PKD tersebut langsung mengikuti bimbingan teknis [Bimtek] sebagai bagian dari pembekalan awal dalam menjalankan kerja kepengawasan.*

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti infopertama.com di Google Berita dan WhatsApp Chanel 

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV