Even Musik di Natas Labar, Hiburan dan Geliat UMKM

Bupati Manggarai, Hery Nabit tampil bersama Ruteng Music Family di Natas Labar pada Sabtu (29/06/24).

Ruteng, infopertama.com – Even musik Ruteng Natas Gigs kini sudah lewat pekan ke empat yang berlangsung di Natas Labar. Even ini diselenggarakan oleh Komunitas Ruteng Music Family di Natas Labar Motang Rua, Ruteng.

Even musik berskala kecil itu mampu menghibur masyarakat Kota Ruteng. Sekaligus, meningkatan ekonomi melalui UMKM yang hadir dan menjajakan jualan di area Natas Labar selama even berlangsung.

Komunitas Ruteng Music Family pada pekan ke empat, Sabtu, 29 Juni 2024 malam menampilkan Tumband Band, Akart Band, KPK Band, Natali Sound System. Dan, beberapa band lainnya meramaikan kegiatan yang telah berlangsung selama empat minggu ini.

Bupati Manggarai, Herybertus G.L. Nabit, yang ikut hadir dan menghibur masyarakat di Natas Labar menyampaikan terima kasih kepada Ruteng Music Family yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Saya berterima kasih karena dengan adanya kegiatan dari Ruteng Music Family, beberapa UMKM pun hadir di sekitar Natas Labar.” Ungkap Bakal Calon Bupati Manggarai periode 2024-2029 itu saat ikut tampil menghibur penonton.

Politisi PDI Perjuangan itu juga meminta maaf karena pada pekan-pekan berikutnya, aktivitas Ruteng Music Family dan masyarakat sedikit terganggu. Hal itu karena ada pekerjaan lanjutan di Natas Labar yang kini menjadi icon baru di Manggarai.

“Saya juga meminta maaf karena pada  pertengahan bulan Juli akan ada pekerjaan lanjutan untuk beberapa item tambahan di Natas Labar. Sehingga, aktivitas teman-teman sedikit terganggu. Berharap kegiatannya terus berlanjut untuk mengakomodir talenta-talenta lainnya di Manggarai.” Ungkap Hery Nabit yang disambut sorakan tuntaskan dari segenap yang hadir.

Pantauan di lokasi, nampak puluhan pelaku UMKM menjajakan makanan ringan minuman hangat di Natas Labar.

Ketahui, Natas Labar pada pengerjaan tahap I sudah mencapai 80%, sementara tuk pengerjaan tahap dua ini merupakan penyempurnaan dari tahap pertama, lanjut sampai tuntas.

Sekertaris Dinas PUPR Kab. Manggarai, Epit Turuk, sebelumnya menjelaskan dalam pengerjaan tahap dua nanti ada beberapa item tambahan yang akan dibangun, yakni skywalk, batuan andesit, rumput, pagar, kursi taman, tempat duduk tribun, lampu taman, pengecetan, akses jalan masuk, tempat upacara dan item lainnya.

Tak hanya itu, tombak motang rua yang dulu sempat hilang juga masuk dalam item pembangunan tahap dua.

“Jadi itu item-item yang kita mau bangun di pengerjaan tahap dua nanti. Termasuk tombak motang rua yang dulu hilang, itu juga rencana akan dibuat lagi,” kata Epit.

Untuk pembangunan skywalk, lanjut Epit, jumlah anggarannya cukup besar. Dalam RAB awal angkanya mencapai 1,2 miliar, sehingga skywalk terhitung salah satu item pembangunan yang membutuhkan anggaran besar dalam lanjutan tahap dua nanti.

Kemudian dalam pengerjaan tahap dua nanti pihaknya juga membutuhkan banyak material kerikil, pasir dan tanah humus untuk mencegah terjadinya genangan air di permukaan rumput yang akan ditambah setinggi 20 cm.

Selain itu ada batuan andesit yang juga digunakan sebagai tegel pada pendestrian dan joging trek karena tekstur permukaannya yang kasar sehingga anti slip (tidak licin).

Selanjutnya akan dibangun kursi taman, tempat duduk tribun dan beberapa pohon bunga untuk mempercantik Natas Labar.

“Khusus untuk tempat duduk akan dibangun dengan keramik pada bagian tribun. Memang saat ini kelihatannya masih kosong tetapi ke depan akan ada tempat duduk tribun yang dibuat dengan keramik. Dan, luasnya sekitar 40×40,” ujar Epit.

Sementara untuk penambahan akses jalan masuk dan tempat upacara pihaknya sangat memprioritaskan itu, agar Natas Labar tidak hanya dilihat sebagai tempat rekreasi. Tetapi, bisa digunakan untuk upacara kenegaraan, baik upacara hari pendidikan, hari kemerdekaan maupun hari besar keagamaan, seperti jumat agung.

Ikuti infopertama.com di Google Berita dan WhatsApp Chanel 

 

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV