Renungan Katolik, Hidup Untuk Mengasihi Lebih Sungguh!

Tegas dalam Pilihan
RD Ryano Tagung (ist)

Selasa, 14 Juni 2022
HARI BIASA, PEKAN BIASA XI
1Raj. 21:17-29; Mzm. 51:3-4,5-6a,11,16;Mat. 5:43-48
[Thn. VI/VI/164/2022]

Marilah kita berdoa: YA HATI YESUS SUMBER KASIH ILAHI,, Engkau tidak hanya ingin aku mengasihi yang mengasihiku, tetapi Engkau memanggilku untuk mengasihi yang tidak mengasihiku. Sungguh, panggilanMu ini melampaui keterbatasan ku dalam mengasihi. Beri aku KASIHMU agar aku sanggup mengasihi lebih sungguh dan sungguh lebih mengasihi semua orang tanpa kecuali. Sempurnakanlah kasihku dalam KasihMU, kini dan sepanjang masa, Amin.

Dalam khotbah di bukit, Yesus berkata, “Kalian telah mendengar bahwa disabdakan, ‘Kasihilah sesamamu manusia, dan bencilah musuhmu.’ Tetapi Aku berkata kepadamu, ‘Kasihilah musuh-musuhmu, dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kalian.’ Karena dengan demikian kalian menjadi anak-anak Bapamu yang di surga. Sebab Ia membuat matahari-Nya terbit bagi orang yang jahat, dan juga bagi orang yang baik. Hujan pun diturunkan-Nya bagi orang yang benar dan juga bagi orang yang tidak benar. Apabila kalian mengasihi orang yang mengasihi kalian, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? Dan apabila kalian hanya memberi salam kepada saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allah pun berbuat demikian? Karena itu kalian harus sempurna sebagaimana Bapamu di surga sempurna adanya.”

Hidup Untuk Mengasihi Lebih Sungguh!

KASIH merangkul semua orang menjadi satu. Tanpa sekat. Tanpa penghalang.
Kasih menjadikan semua orang saudara
Tanpa lawan. Tanpa musuh.

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS

DALAM hidup ini, kita harus bisa melampaui standar kehidupan yang ada. Sebagai, seorang Kristiani, kita harus berani melampaui kekristenan kita dalam penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Kristiani di dalam hidup ini. Dengan cara itu, kita membuat sesuatu yang’wow’ di dalam hidup ini. Hidup jangan terlalu biasa-biasa. Hidup jangan hanya sebatas standar yang ada. Harus ada sesuatu yang luar biasa di dalam hidup ini.

Dalam bacaan Injil pada hari ini, YESUS mengajak semua para pendengarNya, untuk berani melampaui keterbatasan diri dalam mencintai, mengasihi sesama. YESUS bersabda: “’Kasihilah musuh-musuhmu, dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kalian.’…. Apabila kalian mengasihi orang yang mengasihi kalian, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian?” Kasih kita bukanlah kasih yang terbatas dan membatasi diri dalam mengasihi. KASIH kita adalah kasih yang merangkul semua orang tanpa kecuali, Kasih yang memberi sampai habis, membalut yang terluka, mengampuni yang bersalah dan berdamai dengan yang berselisih.

Yesus tahu bahwa hidup untuk mengasihi yang mengasihi kita itu mudah sekali dilakukan. Akan tetapi, YESUS mau para pengikutNYA berani melampaui STANDAR DALAM MENGASIHI.

Tidak cukup kita hanya mengasihi mereka yang mengasihi kita. Kita harus bisa juga mengasihi mereka yang membenci kita. Prinsipnya: Semua Orang Layak Untuk Dikasihi. Hal ini memang tidak mudah, apalagi bila akar kejahatan, dendam dan amarah, cemburu dan iri hati, masih mengakar kuat di dalam hidup kita. Akar-akar kejahatan ini harus segera kita cabut supaya tidak bertumbuh subur dan mematikan semangat dalam mengasihi lebih sungguh. Kita belum terlambat dalam mengasihi.

Jika saat ini ada yang membenci kita, maka, balaslah setiap kebenciannya dengan mengasihinya, mengasihinya dan mengasihinya. Rahmat Tuhan memampukan setiap kelemahan kita

Salam dan doaku KASIH PUTIH dari HATI yang TULUS MENCINTAI
Berkat dan doaku

Pastor Riano Tagung, Pr
Pastor Rekan Paroki Santo Yusuf Benteng Jawa

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV