Pengiriman Tenaga Kerja ke Jepang, Bupati Hery:  Regula “Buah Pertama” Upaya Pemkab Manggarai

Ruteng, infopertama.com – Bupati Manggarai, Herybertus Geradus Laju Nabit, SE. MA., menerima kunjungan dari Regula Murni San, salah satu peserta Pelatihan Bahasa Jepang dilaksanakan oleh Pemerintah Kab. (Pemkab) Manggarai Bersama Lembaga Edigy Djaya Global dan With Us Corpotaration, yang siap dikirim di Jepang.

Regula Murni San, yang berasal dari Barang, Kec. Cibal berangkat ke Tokyo-Jepang pada tanggal 15 Juli mendatang diterima di Aula Nuca Lale Kantor Bupati Manggarai, Jumat, 05/07/2024.

Saat berkunjung, Regula didampingi Pastor Paroki Santo Antonius Padua Ri’i Beamese RD. Tarsisius Syukur. Romo Tarsi sendiri selama ini, secara aktif menghubungkan Pemkab Manggarai dan Lembaga-Lembaga di Jepang terutama yang bergerak pada sector pertanian.

“Hari ini saya menerima kunjungan dari salah satu peserta pelatihan Bahasa Jepang yang dilaksanakan oleh Pemkab Manggarai bersama Lembaga Edigy Djaya Global dan With Us Corporation. Regula tentu sudah menyiapkan diri dengan baik termasuk sudah bisa berkomunikasi dalam Bahasa Jepang melalui pelatihan yang sudah diikuti,” jelas Bupati Hery Nabit.

Pelatihan tersebut telah diselenggarakan Pemkab Manggarai kepada 43 calon tenaga kerja yang memang disiapkan untuk bekerja di berbagai perusahaan di Jepang. “Pada tahun 2022 lalu, ada 43 calon tenaga kerja yang ikut dalam pelatihan bahasa Jepang. Regula adalah “Buah Pertama” dalam Upaya Pemkab Manggarai untuk pengiriman tenaga kerja ke Jepang,” katanya.

Menurut Bupati Hery Nabit, nantinya peserta pelatihan yang sudah dinyatakan siap, akan dikirim secara bertahap sesuai kebutuhan yang ada di perusahaan penerima di Jepang.

“Kita (Pemkab Manggarai) akan terus bekerja sama dengan berbagai pihak supaya kesempatan kerja di luar negeri akan dapat diisi oleh anak-anak Manggarai,” tegasnya.

Alfonsia dan Aurelia Siap Menyusul

Selain Regula, masih ada Alfonsia dan Aurelia dari Kec. Langke Rembong yang sedang menunggu jadwal interview terakhir oleh perusahaan penerima di Jepang.

“Ketiganya akan bekerja pada sektor pertanian yang sejak lama sudah diusahakan dengan cara-cara modern. Sehingga, memberikan kemudahan dalam bekerja dan menghasilkan produktivitas yang tinggi,” tutup Bupati Hery.

Sementara itu, Direktur Edigy Djaya Global, Suryanto, menyampaikan bahwa pada saat ini banyak perusahaan di Jepang yang membutuhkan tenaga siap kerja.

“Pak Bupati, pada saat ini ada permintaan untuk tenaga kerja di bidang pertanian, perawatan orang lanjut usia, hotel dan Restoran, pengolahan makanan, dan supir angkutan umum,” papar Suryanto.

Karena itu Suryanto berharap agar Regula, Aurelia, dan Alfonsa akan menjadi contoh keberanian anak-anak Manggarai keluar dari zona nyaman dan menyambut tantangan baru di luar negeri. “Semoga akan semakin banyak anak-anak muda kita yang akan mengikuti jejak mereka,” harapnya.

Untuk diketahui pada bulan Juli 2022 lalu, Pemerintah Kab. Manggarai melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Direktur PT Edigy Jaya Global Suryanto Wijaya dan Direktur PT Global With Us LTD Suzuki Takayuki untuk pengiriman tenaga kerja ke Jepang.

Ikuti infopertama.com di Google Berita dan WhatsApp Chanel 

 

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV