Kecanduan Game Mobile, Pastor Katolik Korupsi Uang Gereja

infopertama.com – Seorang pastor gereja Katolik di Pottstown, Pennsylvania, AS, korupsi dengan menggunakan kartu kredit paroki untuk membiayai kecanduannya bermain game mobile Candy Crush dan Mario Kart.

Pengeluaran untuk game tersebut tembus US$40.000 atau setara Rp643 jutaan, dikutip dari The Philadelphia Inquirer, Sabtu (4/5/2024).

Total nominal tersebut merupakan akumulasi penggunaan dana gereja oleh pastor bernama Lawrence Kozak (51 tahun) selama 3 tahun, menurut jaksa di Chester County.

Kozak ditetapkan sebagai tersangka pencurian dan tindak kriminal terkait. Ia ditahan pada Kamis pekan lalu dan dibebaskan setelah membayar jaminan US$250.000 atau setara Rp4 miliar.

Pengacara Kozak, Joseph Paloka, mengatakan pihaknya sedang mengkaji tuntutan pengadilan. Ia juga berencana mengontak para jaksa terkait kasus ini.

Kozak diberhentikan dari posisinya di gereja St. Thomas More di Pottstown dan diminta melakukan cuti administratif.

Kasus ini terkuak dari temuan akuntan yang bekerja di gereja St. Thomas More. Akuntan tersebut melihat ada transaksi dalam jumlah besar ke Apple.

Setelah ditelusuri, transaksi itu dimulai pada September 2019, tak lama setelah Kozak bergabung dalam paroki itu. Transaksi berakhir pada Juli 2022.

Akun Apple ID yang digunakan untuk melakukan transaksi terdaftar atas nama Kozak. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ada juga akun Amazon atas nama Kozak yang bertransaksi di kartu kredit paroki.

Kozak melakukan pembelian backpack, tablet Amazon Fire hingga perlengkapan lain, menggunakan dana gereja.

Dalam rekam jejak transaksi, tertera pula Kozak menggunakan akun personalnya untuk membayar nominal US$10.000 ke saldo kartu kredit paroki. Namun, jumlah itu jauh di bawah transaksi yang ia gunakan untuk kebutuhan personal.

Saat diwawancara pada 2022 lalu, Kozak mengaku kesulitasn melepas kecanduannya bermain game Candy Crush dan Mario Kart. Ia pun menggunakan uang gereja untuk membayar poin tambahan dan freemium.

Pastor Katolik tersebut membantah disebut sengaja melakukan korupsi dana gereja. Kozak berdalih kartu kredit gereja secara otomatis terhubung ke HP-nya dan ia tak sadar sudah mengeksploitasinya.

Ikuti infopertama.com di Google Berita dan WhatsApp Chanel 

 

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV