Bareng Masyarakat Mbaumuku Gotong Royong Bersihkan Selokan, Lurah Apresiasi DLH Manggarai

Ruteng, infopertama.com – Lurah Kelurahan Mbaumuku Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai Flores mengapresiasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Manggarai dan masyarkat Mbaumuku yang sudah membantu membersihkan sampah yang menumpuk di got sepanjang saluran pembuangan jalan Yos Sudarso.

Ia menyebutkan, hasil observasi menunjukkan adanya sampah yang menumpuk di Jalan Yos Sudarso karena masyarakat membuang sampah sembarangan.

“Kegiatan bakti sosial ini memang atas keluhan warga karena selokan sepanjang Jalan Yos Sudarso sering mengeluarkan aroma yang menyengat. Dan, saat hujan sering terjadi luapan air sampai di badan jalan. Sehingga, berkat kerjasama antara warga dengan Dinas lingkungan hidup akhirnya ditemukan ternyata saluran dipenuhi dengan sampah dan pada akhinya semua sampah dalam saluran bisa dibersihkan dan dibuang ke TPA dengan menggunakan kendaraan dari Dinas lingkungan hidup.”

Jery juga mengapresiasi kerja sama masyarakat Kelurahan Mbaumuku dengan DLH Kabupaten Manggarai.

“Terima kasih DLH Kabupaten Manggarai bersama masyarakat kelurahan Mbaumuku yang responsif membantu kami untuk membersihkan sampah di Jalan Yos Sudarso sebagai langkah kebersihan lingkungan kelurahan dan penanggulangan sampah,” tuturnya kepada media ini di sela-sela bakti sosial bersama masyarakat Mbaumuku, Jumat (10/5/2024).

Ia menambahkan, pihaknya terus melakukan berbagai upaya dalam penanggulangan sampah di seluruh lingkungan Kelurahan Mbaumuku, khususnya di jalan umum dan sekitar tempat-tempat usaha, seperti melakukan pendekatan kekeluargaan dengan para pemilik usaha di pinggir jalan dan memberikan imbauan serta arahan kepada seluruh masyarakat sekitar untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Dikatakan Lurah Jery, kepedulian dan partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan dalam menertibkan pembuang sampah liar di jalan dan tempat umum.

“Harapannya kepedulian masyarakat semakin tinggi, sehingga tidak ada lagi sampah yang memenuhi saluran-saluran pembuangan umum,” tegasnya.

Sementara, Antonius Hani, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3, dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup mengungkapkan, kegiatan bakti sosial merupakan hasil kolaborasi antara Kelurahan Mbaumuku dan DLH Kabupaten Manggarai dalam rangka pembersihan saluran-saluran pembuangan umum.

“Kegiatan ini berawal dari keprihatinan kami bersama Bapak Lurah Mbaumuku terhadap warga masyarakat dan lingkungan hidup terkait luapan saluran ke badan jalan ketika musim hujan akibat penumpukan sampah yang dibuang sembarangan,” ungkap Kabid Antonius.

“Harapan untuk masyarakat, mari kita menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan terutama di jalan maupun di got saluran,” harap Antonius.

Pantauan media ini, warga Kelurahan Mbaumuku bersama para pemilik usaha sepanjang Jalan Yos Sudarso antusias bekerja membersihkan saluran pembuangan.

Ikuti infopertama.com di Google Berita dan WhatsApp Chanel 

 

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV