Sambut HLUN, Pemkab Matim Lakukan Vaksinasi Lansia di Borong

Usia Masuk SD
Jefrin Harianto, Konsultan dan Praktisi Psikologi pada Yayasan Mariamoe Peduli.

Borong, infopertama.com – Dalam rangka menyambut Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2021, Pemerintah Kab. Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur akan menyelenggarakan kegiatan vaksinasi covid-19 bagi Lansia di Kecamatan Borong.

Kegiatan tersebut akan melibatkan Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, BP2KBK3A, Dinas Perhubungan Matim, pada Sabtu (29/05/21) besok.

Bupati Matim, Agas Andreas, S.H., M.Humm melalui Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Matim, Jefrin Haryanto mengatakan, karena harinya para lansia maka kegiatan vaksinasi pun lakukan dengan cara dan seremoni yang berbeda. 

“Para lansia akan dijemput oleh Kendaraan yang disiapkan panitia. Lalu akan ada acara tambahan di tempat acara, selain menerima vaksin.” Ungkap Jefrin kepada infopertama.com pada Jumat (28/05) siang.

Jefrin Haryanto menjelaskan, sensus penduduk tahun 2020 telah mencatat, jumlah lansia di Indonesia mencapai 26,82 juta jiwa atau sekitar 9,92% dari keseluruhan penduduk di Indonesia. Sementara PBB juga merilis data bahwa Indonesia tercatat sebagai negara dengan jumlah penduduk lansia terbanyak ke-8 di dunia.

Dengan demografi penduduk lansia yang begitu besar, wajar jika kondisi kesehatan, potensi ekonomi, keadaan sosial, dan akses penduduk lansia terhadap berbagai perlindungan serta pemberdayaan bagi peningkatan kualitas hidupnya menjadi penting untuk diperhatikan.

“Di situasi pandemi covid-19 seperti sekarang ini, lansia adalah kelompok yang paling rentan. Di Manggarai Timur sendiri, kelompok yang paling banyak terpapar dan meninggal adalah kelompok usia lanjut,” kata Jefrin.

Ketahui, Hari Lanjut Usia Nasional merupakan salah satu hari penting di Indonesia dan peringati setiap 29 Mei. Hal ini sebagai wujud kepedulian dan penghargaan terhadap orang lanjut usia. Sementara Menurut Undang-Undang No.13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lansia, Lansia adalah orang yang telah berusia 60 tahun ke atas. (Red-Aln).

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV