Renungan Katolik, Hati: Rahim yang Melahirkan Pengampunan!

Tatapan Kasih
RD Ryano Tagung (ist)

Senin, 13 Juni 2022
PW. SANTO ANTONIUS DARI PADUA
Mat. 5:38-42
[Thn. VI-SS/163/6/2022]

Marilah kita berdoa: Allah Bapa Mahabaik, kami bersukur kepadaMu atas satu hari yang baik yang telah Engkau anugerahkan kepada kami. Kami bersyukur karena Engkau senantisa mengasihi kami. Semoga kami tekun mengasihi semua orang, termasuk mereka yang berbuat tidak baik kepada kami, sebagaimana yang telah diteladani oleh Yesus Kristus PuteraMu. Sebab Dialah Tuhan dan pengantara kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah sepanjang segala, Amin.

Dalam khotbah di bukit, Yesus berkata, “Kallian mendengar, bahwa dahulu disabdakan, ‘Mata ganti mata; gigi ganti gigi.’ Tetapi Aku berkata kepadamu, ‘Janganlah kalian melawan orang yang berbuat jahat kepadamu. Sebaliknya, bila orang menampar pipi kananmu, berilah pipi kirimu. Bila orang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. Bila engkau dipaksa mengantarkan seseorang berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. Berikanlah kepada orang apa yang dimintanya, dan jangan menolak orang yang mau meminjam sesuatu dari padamu.

Hati: Rahim yang Melahirkan Pengampunan!

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS
HATI adalah rahim yang melahirkan pengampunan. Memang tidak mudah! Tetapi, itu tidak berarti bahwa kita tidak bisa melahirkan pengampunan di dalam hidup kita ini. Bukankah kepada kita telah diberi Cinta dan Belas Kasih dari ALLAH yang ditanamkanNya di dalam hati kita? Inilah bekal dalam perjuangan kita dalam melahirkan pengampunan di dalam hidup kita setiap hari.

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS
Hari ini, YESUS hendak membongkar isi hati kita yang sering melahirkan dendam, amarah, dan iri hati. YESUS tahu bahwa hati kita sering mengandung kebencian. Hati Kita kehilangan sari-sari makanan bagi Cinta dan Belas kasih, sehingga mudah untuk menjadi pribadi yang lekas marah, cepat sekali menaruh dendam dan lamban untuk mengampuni. Yesus berkata, “Kalian mendengar, bahwa dahulu disabdakan, ‘Mata ganti mata; gigi ganti gigi.’ Tetapi Aku berkata kepadamu, ‘Janganlah kalian melawan orang yang berbuat jahat kepadamu. Sebaliknya, bila orang menampar pipi kananmu, berilah pipi kirimu.

YESUS tidak mau kita terlalu lama tinggal dalam kondisi hidup seperti ini. Karena itu, Sabda YESUS hari ini, hendak mengangkat dan bahkan mencabut akar kejahatan dari dalam hidup kita. Dengan demikian, tidak ada lagi kebencian, amarah dan kikir melainkan yang ada hanya CINTA, BELAS KASIH dan SALING BERBAGI.

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih dalam Kristus,
Sesungguhnya, tidak ada gunanya bagi kita bila kita masih menaruh dendam dan amarah di dalam hidup kita. Semuanya itu, hanya menguras energy positif kita. Kita akhirnya, kehilangan sukacita di dalam hidup. Kita kehilangan KASIH ALLAH yang senantiasa baru. Hidup bukan hanya sebuah cerita tentang dendam dan amarah.

Tetapi, Hidup adalah sebuah cerita tentang CINTA dan BELAS KASIH yang senantiasa melahirkan pengampunan. Hidup adalah deretan kisah di mana HATI semakin di asah setiap hari untuk melahirkan damai, kasih, pengampunan. Hati yang senantiasa menahan dengan penuh kesabaran segala penderitaan, kesesakan, dan kesukaran di dalam hidup kita.

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih dalam Kristus,
Mari, kita memohon rahmat CINTA dan BELAS KASIH dari ALLAH agar tinggal di dalam rumah hati kita, di dalam keluarga dan komunitas kita sehingga kita mampu melahirkan pengampunan. TUHAN senantiasa menggunakan kelemahan dan keterbatasan kita agar KASIHNYA SEMAKIN NYATA. Karena itu, buka hati kita agar KASIH ALLAH terlebih dahulu tinggal di dalamnya sehingga kuasa kegelapan tidak ada tempat sedikitpun di dalam hati kita.

Salam dan doaku KASIH PUTIH dari HATI yang TULUS MENCINTAI
Berkat dan doaku
Pastor Ryano Tagung, Pr

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV