Religi  

Renungan Katolik, Fokus Ikut Yesus Saja!

Fokus ikut Yesus
ilustrasi mengikuti Yesus (ist)

Sabtu, 4 Juni 2022
HARI BIASA, PEKAN PASKAH VII
Hari ke-9 NOVENA ROH KUDUS
Kis. 28:16-20,30-31; Mzm. 11:4,5,7;Yoh. 21:20-25
[Thn. VI/VI/154/2022]

Marilah kita berdoa: YA YESUS YANG BAIK, sekali lagi ENGKAU memanggil aku untuk mengikutiMU. Syukur berlimpah untuk rahmat panggilan itu. TAPI YESUS, rapuh dan lemah hati ini sehingga aku kehilangan fokus dalam mendengarkan suara KASIHMU yang lembut menyapa dalam sanubari. Aku pun kehilangan arah, pegangan dalam mengikutiMU. Tuntun aku dengan KASIHMU agar kembali fokus untuk mengikutiMU setiap saat dan sampai selamanya, Amin.

Setelah Yesus yang bangkit berkata kepada Petrus, “Ikutlah Aku,” Petrus berpaling dan melihat bahwa murid yang dikasihi Yesus sedang mengikuti mereka, yaitu murid yang pada waktu mereka sedang makan bersama duduk dekat Yesus; dia inilah yang berkata, “Tuhan, siapakah dia yang akan menyerahkan Engkau?” Ketika Petrus melihat murid itu, ia berkata kepada Yesus, “Tuhan, apakah yang akan terjadi dengan dia ini?” Jawab Yesus, “Jikalau Aku menghendaki, supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu. Tetapi engkau, ikutlah Aku.” Maka tersebarlah kabar di antara saudara-saudara itu, bahwa murid itu tidak akan mati.

Tetapi Yesus tidak mengatakan kepada Petrus, bahwa murid itu tidak akan mati, melainkan, “Jikalau Aku menghendaki supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu.” Dialah murid, yang memberi kesaksian tentang semuanya ini, dan yang telah menuliskannya; dan kita tahu, bahwa kesaksiannya itu benar.

Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.

Fokus Ikut Yesus Saja!

Sahabat Sendal Seribu yang terkasih,

TUHAN memanggil setiap orang dengan namanya masing-masing. Ingatlah selalu bahwa sejak DIA membentuk buah pinggang kita dan menenun kita dengan KASIHNYA dalam rahim ibu, sejak saat itu, DIA telah memperdengarkan suaraNYA di dalam hati kita sehingga selalu ada getaran KASIH di dalam hati kita, getaran yang menarik kita semakin kuat untuk mengikuti YESUS.

Setiap jalan hidup yang kita jalani saat ini adalah cara kita untuk mengikutiNYA dengan setia di tengah perjuangan kita yang sering tidak setia dan kurang fokus dengan panggilan dna pilihan hidup kita. Kita harus bisa FOKUS pada apa yang saat ini kita pilih sebagai jalan hidup kita. Ada kencenderungan yang begitu kuat di dalam hidup kita yakni bahwa kita lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengurusi panggilan dan jalan hidup orang lain ketimbang mengurus jalan hidup yang saat ini sedang kita jalani.

Kita lebih cepat lelah dan capek mengurus urusan orang lain ketimbang mengurusi diri kita sendiri. Yesus tidak mau kita mencampuri urusan orang lain.

Dalam bacaan Injil pada hari ini, YESUS dengan tegas mengatakan kepada Petrus bahwa: ”Jikalau Aku menghendaki, supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu. tetapi engkau, ikutlah Aku.” Semuanya berada dalam rancangan dan kehendak ALLAH. Bersama Petrus, kita diajarkan untuk fokus pada suaraNYA: Ikutlah Aku. Keberadaan orang lain di sekitar panggilan kita adalah urusan DIA yang memanggil. Sebab, perjalanan hidup masing-masing kita adalah urusanNYA.

Segala apa yang kita inginkan dan kehendaki semuanya berada dalam penyelenggaraanNYA. Kita tidak dipanggil untuk mengurusi hidup dan panggilan hidup orang lain. Panggilan kita adalah untuk mengurusi panggilan hidup kita saat ini dengan FOKUS pada apa yang menjadi pilihan hidup kita.

Kalau YESUS bilang IKUT DIA, maka kita harus mengikuti DIA dan bukan lagi mengikuti keinginan dan kehendak diri sendiri. Apalagi mengurusi panggilan hidup orang lain.

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih,
Marilah kita kembali ke dalam keluarga dan komunitas kita, apakah kita sudah sungguh fokus dengan panggilan hidup kita untuk Ikut Yesus? Ataukah pikiran kita sudah terganggu dengan pilihan dan panggilan hidup orang lain yang ada di sekitar kita? Ketika kita fokus dengan pilihan hidup kita maka sesungguhnya kita telah mencintai panggilan hidup kita ini dengan hati yang tulus dan ikhlas. Fokus dengan pilihan hidup kita. Fokus dan setia sampai akhir hingga kita dimahkotai keabadian. Mari kita fokus ikut Yesus! Selebihnya adalah urusanNya.

Fokus ikut Yesus

Salam dan doaku KASIH PUTIH dari HATI yang TULUS MENCINTAI
Berkat dan doaku
Pastor Ryano Tagung, Pr

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV