Nanga Lok Surga Tersembunyi Masuk Bidikan Api

Nanga Lok Surga Tersembunyi
Nanga Lok yang terletak jalur Utara Manggarai Timur. (Foto:istimewah)

Borong, infopertama.com – Nanga Lok, yang terletak di desa Golo Lijun, kecamatan Elar, Manggarai Timur, NTT masuk sebagai salah satu nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2022 kategori surga tersembunyi.

Teluk Nanga Lok masuk nominasi API bersama 9 obyek wisata lainnya dari seluruh Indonesia. Komite seleksi Anugerah Pesona Indonesia mengeluarkan keputusan tersebut dan siarkan secara langsung melalui akun YouTube Api Award.

Anugerah Pesona Indonesia (API) sendiri merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang terselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia.

Di Samping itu penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak, baik masyarakat, pihak industri/swasta maupun Pemerintah. Dalam mempromosikan pariwisata serta mengembangkan ekonomi kreatif secara langsung, nyata dan masif di masing-masing daerah.

Pengembangan pariwisata merupakan salah satu kegiatan yan menjadi perhatian
pemerintah daerah Kabupaten Manggarai Timur. Hal ini telah mulai dengan melaksanakan acara-acara pemerintahan di lokasi wisata yang tersebar di beberapa
wilayah kecamatan secara bergilir.

Pemda dan masyarakat Manggarai Timur melakukan melalui platform media sosial juga cukup gencar. Ini sebagai bagian untuk mendukung pengembangan wisata super prioritas Labuan Bajo.

Pusat Perhatian Pempus dan Masyarakat Indonesia

Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, mengungkapkan kebahagiaannya
untuk hal ini.

“Kita tentunya bersyukur bahwa salah satu destinasi wisata (Nanga Lok) dari Manggarai Timur masuk dalam nominasi (Kategori Surga Tersembunyi) API 2022. Untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat Manggarai Timur untuk bersama pemerintah berjuang agar Teluk Nanga Lok bisa masuk minimal 3 besar dalam ajang ini.

Menurutnya hal tersebut penting, karena dengan menjadi salah satu nominasi maka potensi wisata di Matim akan menjadi perhatian pemerintah Pusat dan masyarakat Indonesia.

“Akan banyak wisatawan yang mencari informasi tentang wisata Manggarai Timur. Dan, kemudian datang ke sini, dampaknya akan dirasakan oleh kita semua,” ujarnya.

Bupati Agas juga menekankan pentingnya mempersiapkan segala sesuatu termasuk
kesiapan masyarakat untuk pengembangan pariwisata.

“Saya minta dinas-dinas terkait untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mendukung Teluk Nanga Lok menjadi 3 besar API 2022. Selain kelengkapan administrasi dan promosi, penting juga untuk mempersiapkan masyarakat. Karena setelah ini pasti akan banyak wisatawan yang berkunjung ke Manggarai Timur terutama Nanga Lok.

Obejak Wisata Nanga Lok yang terletak di Desa Golo Lijun Kecamatan Elar itu, setelah dapat kepastian masuk 10 besar nominasi API 2022 kategori surga tersembunyi, akan mendapatkan Piagam Penghargaan dari Anugerah Pesona Indonesia.

Selain itu, juga mengagendakan Komite Seleksi Anugerah Pesona Indonesia akan berkunjung ke Teluk Nanga Lok. Selanjutnya akan laksanakan vote/pemilihan 3 destinasi terbaik, periode vote akan mulai pada 1 Juni – 31 Oktober  2022 melalui berbagai platform media sosial.

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti infopertama.com di Google Berita dan WhatsApp Chanel 

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV