Meresahkan, Warga Desak Polres Manggarai Tangkap Pria Asing di Poco Leok

IMG-20230829-WA0228

Ruteng, infopertama.com – Warga Poco Leok, kecamatan Satar Mese mengaku resah dengan keberadaan pria asing di wilayah mereka. Pria berperawakan tinggi besar itu selama ini aktif memprovokasi warga Poco Leok agar tetap konsisten menolak kehadiran proyek strategis nasional (PSN) pengembangan PLTP Ulumbu unit 5-6 Poco Leok.

Pria asing tersebut tiba di Poco Leok sekitar awal Agustus 2023. Persis sebelum aliansi masyarakat adat Poco Leok menggelar aksi damai menolak PSN PLTP Ulumbu unit 5-6 Poco Leok, 9 Agustus 2023.

Kehadirannya di Poco Leok terindikasi karena didatangkan oleh pemuda setempat, anak kandung dari kepala desa Lungar yang sedang kuliah di DIY.

Ia tampil di hadapan publik saat berada dalam barisan massa aksi aliansi masyarakat adat Poco Leok yang menggelar aksi di Ruteng, ibu kota kab. Manggarai beberapa waktu lalu.

Penelusuran infopertama.com, pria berperawakan tinggi besar itu diduga berasal dari wilayah Jawa Tengah. Dugaan lain, pria itu juga sebagai kader organisasi “Front Mahasiswa Nasional” yang berhasil menjadi penyusup dalam aksi aliansi masyarakat adat Poco Leok beberapa waktu lalu.

Hal itu terungkap usai gelaran aksi damai itu, bendera FMN berkibar di halaman depan kantor Bupati Manggarai. Tampak terlihat pria berperawakan tinggi besar itu ikut mengabadikan rekan-rekannya mengibarkan bendera FMN.

Pria Asing di Poco Leok
Pria Asing sedang mengabadikan moment Bendera FMN berkibar di Ruteng (infopertama.com)

Pasca Demo Aksi Damai Aliansi Masyarakat Adat Poco Leok (9/8), pria asing tersebut hingga kini menetap di Poco Leok.

Ganggu Aktivitas Warga

Keberadaan orang asing itu sangat mengganggu aktivitas warga di wilayah pengembangan unit 5-6 PLTP Poco Leok.

Warga Poco Leok mengaku pria tanpa identitas tersebut mendatangi sejumlah rumah warga. Ia membujuk mereka agar menolak pembangunan proyek strategis nasional (PSN) itu.

Pada Selasa, 29 Agustus 2023 petang, tampak pria asing tersebut mendatangi rumah milik Nanas Nggodang di gendang Mano. Kepada warga pria itu mengaku kehadirannya di wilayah Poco Leok, untuk melakukan praktek.

Warga gendang Mano yang sempat pantau pergerakan pria asing itu mengaku, kehadiran pria asing mengajak warga untuk menolak pembangunan PLTP Ulumbu pasca aksi demo belum lama ini.

Sejumlah warga Poco Leok mendesak Kepolisian Resort (Polres) Manggarai agar segera menangkap pria asing tersebut.

“Kami meminta pihak Polres Manggarai agar segera menangkap pria asing tersebut. Mereka itu provokator sebenarnya yang buat perpecahan di tengah masyarakat,” ujar warga.

Pria Asing di Poco Leok
Pria Asing ini sedang berada dalam rumah warga membujuk agar menolak PSN PLTP Ulumbu unit 5-6 (ist)

Warga juga menjelaskan, selama ini pria asing bersama teman-temannya masuk ke semua gendang yang mendukung pembangunan PLTP Ulumbu di Poco Leok untuk berubah sikap, menolak PSN Poco Leok.

“Mereka sangat berbahaya pak, selama ini kerjanya keluar masuk gendang yang mendukung agar berubah sikap jadi menolak,” lanjut warga.

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV