Angkat Kearifan Lokal, SDN Reo II Gelar Festival P5

Ruteng, infopertama.com – Menjaga kelestarian kearifan lokal Manggarai, Civitas SDN Reo II menggelar Festival Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan menampilkan berbagai kreatifitas seni dan budaya, Kamis 20 Juni 2024 yang berlangsung di halaman SDN Reo II.

Kepala SDN REO II, Rofinus Mancang, S. Pd, menjelaskan festival gelar karya dan pentas seni (P5), merupakan festival perdana tingkat SD di Kecamatan Reo. Kegiatan P5 ini diberikan melalui paradigma baru pembelajaran.

“Melalui kegiatan inilah kita akan mendidik anak-anak menjadi pelajar Pancasila, yaitu pelajar yang mampu mengembangkan semua bakat dan minatnya menjadi generasi penerus bangsa,” terangnya.

Menurutnya, tujuan festival P5 ini agar para siswa dan siswi terus semangat dalam belajar dan berkarya, memanfaatkan setiap kesempatan untuk mengembangkan diri, baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

Selain itu, supaya menjadi generasi yang berprestasi dan mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Frista, salah satu siswi dalam festival P5  menuturkan materi yang dipresentasikan harus menjadi karya dan inspirasi bagi diri sendiri maupun orang lain dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.

Di tempat yang sama Kordinator Pendidikan Kecamatan Reo, Fransiskus Poju, S.Pd, juga menyampaikan beberapa poin penting terkait festival gelar karya dan pentas seni P5.

“P5 Membutuhkan guru-guru yang kreatif, guru yang memiliki keterampilan agar siswa juga memiliki keterampilan. Siswa harus mampu memanfaatkan barang-barang lokal agar menjadi sesuatu yang berharga. Intinya guru harus kreatif kalau guru tidak kreatif maka P5 tidak akan bisa berjalan. Selain itu orang tua juga harus kreatif,” tutupnya.

Sementara itu, Camat Reo, Theobaldus Junaidin, SH, menilai bahwa melalui kegiatan seperti ini anak-anak diharapkan mengeksplor segenap kemampuan yang dimiliki untuk dikembangkan demi masa depan mereka di kemudian hari.

“Keberhasilan kegiatan ini  tentu saja butuh dukungan dari semua stakeholder, orang tua dan para guru serta anak-anak itu sendiri. Di balik anak anak yang kreatif dan inovatif, tentu saja terdapat para guru dan orang tua yang kreatif, inovatif dan suportif yang selalu mendukung tumbuh kembang anak-anak,” ujar Camat Edi.

Terpisah, Marselinus Franky Dii, salah satu orang tua siswa yang hadir pada festifal P5 mengaku sangat mendukung festival ini.

Menurutnya, anak-anak dididik bukan hanya pendidikan akademik saja, tapi bagaimana mereka mengenal dan mencintai budaya lokal, pangan lokal dan lebih khusus bagaimana anak anak dilatih berpikir untuk mampu lebih kreatif, inovatif dan berjiwa besar dalam mengaktualisasi pengetahuan yang mereka dapat dari para guru.

Marsel juga mengharapakan semoga kegiatan ini menjadi agenda tahuan sekolah agar anak-anak termotivasi untuk berlomba-lomba dalam kegiatan-kegiatan positif yang ada di sekolah.

“Semoga SDN Reo II menjadi role model untuk SD lainya, dan menjadi salah satu sekolah favorit yang ada di kecamatan Reok,” tutupnya.

Adapun festival diramaikan berbagai kegiatan seni dan budaya, antara lain acara kapu, Doa pembukaan (ayat AL-Q), Pertunjukan Fashion Show, dance dola-dola, karya produk celengan dan hiasan dinding, penampilan pianika, puisi, perkenalan dalam bahasa inggris, hiasan bunga dari tutupan botol dan alat transportasi, tarian kreasi, jajanan lokal, tarian wonderland dan pot bunga, serta pameran kerajinan lainya.

Ikuti infopertama.com di Google Berita dan WhatsApp Chanel 

 

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV