Anggaran Gede, Kondisi Puskesmas Batu Cermin Memprihatinkan; Padahal Dekat Kantor Polisi dan  Kejaksaan

Labuan Bajo, infopertama.com – Kondisi fisik pekerjaan konstruksi Puskesmas Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat sangat memprihatinkan. Tampak dinding tembok pada beberapa sisi puskesmas mulai retak. Bahkan, pada salah satu bagian yang retak itu sudah ditembusi cahaya.

Pantauan wartawan infopertama.com di lokasi, Minggu, 16 Juni 2024, selain keretakan pada tembok, teras keliling Puskesmas Batu Cermin itu juga mengalami keretakan. Kemudian cor-an penutup got juga tampak sudah mulai terkelupas.

Kemudian, plafon gedung bagian depan nampak tidak simetris, beberapa sambungan plafon terpantau jaraknya berbeda dan asal jadi.

Beralih ke luar gedung, halaman sekeliling gedung Puskessmas Batu Cermin sebenarnya sangat indah karena sudah dipasangi paving block. Namun, kondisinya sudah ditumbuhi rumput-rumput liar. Hal ini diduga karena dasar atau alas paving block tidak menggunakan pasir.

Paving Block yang oecah dan sudah ditumbuhi rumput liar

Selain sudah ditumbuhi rumput liar, pada beberapa bagian juga nampak sudah amblas yang akan membahayakan buat masyarakat.

Jam Pelayanan hingga Nakes yang Terbatas

Puskesmas Batu Cermin sejak beroperasi atau membuka pelayanan pada awal Maret 2024 membuka pelayanan selama 6 hari kerja, Senin hingga Sabtu. Hari Minggu dan hari libur tutup.

Meski membuka pelayanan selama 6 hari kerja, namun waktu pelayanan di Puskesmas Batu Cermin sangat terbatas.

Berdasarkan informasi jadwal loket yang pajang pada dinding depan Puskesmas, pelayanan paling lama hanya empat hari, Senin sampai Kamis yakni mulai pukul 07.30 – 13.00 WITA. Pelayanan paling singkat pada hari Jumat, yakni 07.30 – 10.00 WITA, sementara pada hari Sabtu, pelayanan berakhir pukul 11.30.

Tak hanya pelayanan yang terbatas, jumlah tenaga kesehatan di Puskesmas Batu Cermin juga sangat terbatas. Bahkan, Puskesmas dengan pagu Rp8.049.051.152,00 ini tidak ada dokter.

Warga sekitar dekat Puskesmas yang ditemui di rumahnya mengaku dalam seminggu hanya dua hari pelayanan di Puskesmas yang ada jadwal dokternya.

Puskesmas Batu Cermin
Kondisi Tembok dan Teras Puskesmas yang mengalami keretakan.

“Dokternya pake jadwal, dua hari saja seminggu. Kalau pasien umum yang butuh konsultasi dokter hanya dua hari itu saja. Sangat terbatas.” Ungkap warga tersebut, Minggu, 16 Juni.

Ia menambahkan, jumlah Nakes baik ASN maupun PPPK yang bertugas di Puskesmas Batu cermin jumlahnya tidak banyak, hanya 32 orang.

Lokasinya Dekat Kantor Aparat di Mabar

Ketahui, pekerjaan konstruksi milik Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat ini dikerjakan menelan anggaran yang sangat fantastis, yakni Rp8.049.071.591,00 yang bersumber dari DAK.

Melansir LPSE Manggarai Barat, Puskesmas Batu Cermin dikerjakan CV. Uluwae, yang beralamat Jln. ki Hajar Dewantoro, kel. waso – Kec. Langke Rembong – Manggarai (Kab.) 02.5 – Nusa Tenggara Timur.

Adapun letaknya hanya sekira 500 -an meter dari kantor bupati Manggarai Barat dan dua kantor aparat penegak hukum, Polres dan Kejaksaan Negeri Manggarai Barat.

Hingga berita ini tayang, media sudah berusaha menghubungi kadis kesehatan, Adi Ojo, namun belum berhasil.

Ikuti infopertama.com di Google Berita dan WhatsApp Chanel 

 

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV