SMP St Klaus Kuwu Gelar Pentas Pengembangan Bakat dan Minat

SMP St Klaus Kuwu
Siswi SMP St Klaus memeragakan bakatnya. (Foto: infopertama/Jivansi)

Ruteng, infopertama.com – Lembaga pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) St. Klaus – Kuwu, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur menggelar pentas pengembangan bakat dan minat, bertempat di Aula SMP/SMA St Klaus – Kuwu, Jumat, 17 Juni 2022.

Kegiatan yang kemas dalam tiga termin ini berlangsung meriah. Para peserta didik yang menjadi aktor utama kegiatan pentas seni tersebut terlihat begitu lihai dan penuh percaya diri dalam membawakan setiap mata acara yang ada. Hal itupun mengundang decak kagum tamu undangan yang hadir menyaksikan seni pertunjukan peragaan peserta didik SMP St. Klaus – Kuwu tersebut.

Ketua pelaksana pentas seni, Efra Nimur dalam sambutannya mengatakaan, kegiatan ini merupakan wujud nyata. Dan, menjadi puncak dari seluruh proses kegiatan pembelajaran yang peserta didik lakoni selama ini. Lebih dari itu, lanjut Efra Nimur, pertunjukan seni tersebut juga menjadi bagian dari profil belajar pancasila yaitu kreativitas.

“Jadi, ilmu yang mereka dapatkan selama ini, baik itu di dalam maupun juga di luar ruangan kelas bisa mereka tunjukan di atas panggung seni pertunjukan hari ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Efra Nimur menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat aktif. Dan, berkolaborasi dalam menyukseskan kegiatan tersebut, baik itu para guru maupun juga peserta didik yang ada.

“Saya yakin, tanpa kerjasama dan kolaborasi kalian semua, acara hari ini tidak akan berjalan dengan baik. Karena itu, saya menyampaikan terima kasih untuk semuanya itu,” cetusnya.

Sementara itu, Marius Karang selaku kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) St. Klaus – Kuwu sekaligus penanggung jawab utama kegiatan dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan seni pertunjukan ini adalah bukti nyata dari apa yang telah dilaksanakan selama ini bersama peserta didik. Selain itu, kegiatan tersebut juga menjadi gambaran perjuangan dari peserta didik yang sudah bersedia ditempa di lembaga pendidikan SMP St. Klaus – Kuwu, termasuk dalam hal pengembangan bakat dan minat.

Karena itu, lanjutnya, apa yang peserta didik pentaskan dalam pergelaran tersebut adalah cerminan dari yang mereka miliki. Dan, telah lembaga pendidikan SMP St. Klaus – Kuwu lakukan.

“Kalau memang ada bakat dan minat yang belum sempat pertontonkan dan kembangkan oleh peserta didik dalam kegiatan pertunjukan seni tahun ini, nanti di tahun berikutnya. Akan kita siapkan!” Pungkap Marius Karang.

“Atas dasar itu pula, mungkin yang pertama juga, saya menyampaikan terima kasih. Dan, profisiat kepada adik-adik kami, siswa dan siswi SMP St Klaus – Kuwu yang tiada henti-hentinya untuk mencoba mengembangkan bakat dan minatnya di lembaga pendididikan ini,” sambungnya.

Marius Karang lebih lanjut menjelaskan selama ini, pihak sekolah sudah melaksanakan dua kegiatan. Baik itu dalam kaitannya dengan kegiatan pembelajaran di dalam kelas maupun juga dalam hal pembinaan dan pembentukan karakter para peserta didik. Kedua hal tersebut, kata Marius, adalah kegiatan intrakurikuler dan juga kegiatan ekstrakukuler.

“Untuk kegiatan intra kurikuler, sudah kami tutup kali lalu saat ujian semester 2 atau ujian kenaikan kelas. Dan untuk kegiatan ekstra kurikulernya, kami coba ujikan pada hari ini,” ungkap Marius.

Marius menjelaskan bahwa melalui kegiatan ini, pihaknya mencoba untuk melihat kembali perjalanan yang sudah terlaksanakan dalam satu tahun pembelajaran. Termasuk juga kegiatan pengembangan bakat dan minat. Di dalamnya, kata Marianus, pihaknya bisa melihat celah-celah mana saja yang perlu kembangkan dan perbaikan pada waktu yang mendatang.

“Karena itu pula, untuk bapa-ibu yang sempat hadir, saya mau katakan bahwa inilah kami. Inilah keberadaan kami. Apa yang kami laksanakan selama ini, tentunya juga terus kita perbaiki dari waktu ke waktu. Terutama dalam bidang pengembangan bakat dan minat dari anak bapak-ibu yang dipercayakan kepada lembaga pendidikan ini. Kalaupun ada hal yang kurang, kita akan perbaiki terus kedepannya,” ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya, Marius Karang menyampaikan harapannya agar orang tua peserta didik senantiasa mendukung pihak sekolah dalam seluruh rangkaian kegiatan yang ada, termasuk dalam hal pengembangan bakat dan minat.

“Mudah-mudahan kita semua senantiasa diberikan kekuatan dan semangat untuk terus mendukung satu sama lain. Dan juga berkolaborasi dalam mendidik dan menyiapkan generasi-generasi masa depan bangsa dan gereja yang didirikan di lembaga pendidikan SMP Santu Klaus Kuwu,” pungkasnya.

Ketahui, seluruh rangkaian acara yang dipentaskan dalam acara tersebut dibagi dalam tiga termin, yakni: termin pertama, Lagu Band “anak sekolah”, Sambutan ketua panitia, Tarian, Puisi Bahasa Indonesia, Sambutan Kepsek, vokal grup 1, storry telling dan dance 1. Termin kedua: lagu band 2, pantonim, lagu band 3, cerita berantai. Termin ketiga: lagu band, vokal group, puisi bahasa inggris, dance 2 dan drama. ***

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti infopertama.com di Google Berita dan WhatsApp Chanel 

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV