Sendal Seribu, JATA 3B: Jangan Takut, Berbeda, Berkualitas dan Berkarakter

Sabtu, 21 Januari 2023
Hari Biasa, Pekan Biasa II
Mrk. 3:20-21
[Thn. VI-SS/21/1/2023]

Hari Keempat Pekan Doa Sedunia

Marilah kita berdoa: YESUS, Engkau datang dan memanggilku untuk tinggal dalam kasihMU. KASIHMU membuatku berbeda. Berbeda karena mengenalMu membuat aku berani untuk meninggalkan kenikmatan duniawi demi mengejar yang surgawi. Beri aku rahmat dan cintaMu agar kisah cintaku kepadaMu selalu berkobar hari demi hari, kini dan sepanjang segala masa, Amin

Sekali peristiwa Yesus bersama murid-murid-Nya masuk ke sebuah rumah. Maka datanglah orang banyak berkerumun pula, sehingga makan pun mereka tidak dapat. Waktu kaum keluarga-Nya mendengar hal itu, mereka datang hendak mengambil Dia, sebab kata mereka, “Ia tidak waras lagi.”

JATA 3B: Jangan Takut, Berbeda, Berkualitas dan Berkarakter

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih
Menjadi ‘berbeda’ dalam kehidupan ini mampu menumbuhkan harapan dan cinta yang sungguh jauh lebih dahsyat efeknya bagi perjalanan hidup kita ketimbang hidup hanya datar-datar saja apalagi hidup yang ikut arus. Kita perlu sadari bahwa di tengah laut hanya ikan mati yang ikut arus. Sebab, tak ada daya juang di sana. Ikut arus sampai di tepi laut, membusuk dan menjadi tak berguna.

Hidup kita juga akan mati, tak bergairah, tak berguna bila hidup kita hanya ikut arus massa. Kita hidup tetapi kita tidak mempunyai prinsip dan karakter diri yang kokoh. Kita mudah terbawa arus dan bujukan orang, Dan, kita menjadi pribadi yang plin-plan. Padahal, menjadi katolik itu berarti menjadi ‘tidak waras’ bersama YESUS.

YESUS dikatakan tidak waras karena YESUS berani melampaui batas-batas normalitas yang ada. YESUS hadir membawa perubahan yang mana perubahan itu dimulai dari DiriNya sendiri. Dia berani tampil berbeda di tengah ahli-ahli Taurat dan orang Farisi. Membungkam kesombongan dan keangkuhan serta kemunafikan mereka.

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih
Kita juga harus berani tampil berbeda.
Di mana ada kebencian kita hadir membawa belas kasih, di mana ada amarah kita hadir membawa kesejukkan.

Di mana ada iri hati kita hadir membawa cinta, di mana ada kesombongan kita hadir membawa semangat kerendahan hati.

Ketika ada putus asa kita hadir membawa harapan, membawa perdamaian bila ada permusuhan.

Intinya, kita membawa sesuatu yang berbeda di mana saja kita berada yang mengubah situasi dan suasana yang ada di sekitar kita dari yang ketiadaan cinta menjadi hidup yang berkelimpahan cinta.
Memang tidak mudah. Tapi, sebagai orang beriman, apa yang tak mungkin menjadi mungkin bagi orang yang percaya.

Jangan takut tampil berbeda. Berbeda yang berkualitas dan berkarakter. Tuhan Yesus Memberkati.

Berkualitas dan Berkarakter

Marilah Kita Berdoa:
Allah Bapa Mahapengasih, kami bersyukur kepadaMu atas kasih karuniaMu yang telah Engkau curahkan kepada kami, hari demi hari. Semoga RohMu senantiasa menjiwai kami dalam melaksanakan tugas panggilan PuteraMu di dalam keluarga, komunitas dan lingkungan hidup kami untuk mewartakan kerajaanMu dan kelak kami boleh bersatu dalam rumahMu yang abadi. Dengan pengantaraan Kristus Tuhan kami, Amin

Salam dan doaku KASIH PUTIH dari HATI yang TULUS MENCINTAI
Berkat dan doaku
Pastor Ryano Tagung, Pr
Paroki Santu Yusuf, Benteng Jawa

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV