Renungan Katolik, Satu dalam KasihMu

Satu dalam Kasihmu
ilustrasi

Kamis, 2 Juni 2022
HARI BIASA, PEKAN PASKAH VII
Hari ke-7 NOVENA ROH KUDUS
Kis 22:30;23:6-11 & Yoh 17:20-26
[Thn. VI/VI/153/2022]

Marilah kita berdoa: Ya Yesus Sumber Kasih Sejati. KASIHMU melimpah di dalam hidupku. Ingin kureguk setetes saja dari KASIHMU agar penuhlah kasihku kepadaMu dan kepada sesamaku. Lemah dan tak berdayanyanya diriku bila ku jauh dari KASIHMU. Bawa aku YESUS, pada kasihMu agar aku hidup dan bergerak dalam KASIHMU senantiasa, kini dan selamanya, Amin.

Dalam perjamuan malam terakhir, Yesus menengadah ke langit dan berdoa bagi para pengikut-Nya, “Bapa yang kudus, bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa. Tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; Supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu. Sama seperti Kita adalah satu: Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku, supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku, dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku. Ya Bapa, Aku mau supaya di mana pun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku. Yakni mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan.

Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau. Dan, mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku; dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya. Supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka”

Satu dalam KasihMu

Sahabat Sendal Seribu yang terkasih dalam Kristus

“Hidup dalam kasih akan membawa kita untuk hidup bersatu dengan sesama saudara kita tanpa kecuali. Kita berbeda bukan untuk disamakan tapi perbedaan kita untuk disatukan!”

KASIH menjadi tali pengikat yang menyatukan segala perbedaan di antara kita. Kita ini berbeda satu sama lain, tetapi berkat KASIH, kita yang berbeda ini dapat menjadi satu. KASIH itu mempersatukan segala perbedaan yang ada. Tanpa KASIH hidup akan menjadi kacau, penuh dengan pertentangan dan pertikaian. Hanya HATI yang terbuka pada ALLAH akan hidup dalam kasihNya dan bersedia untuk mengasihi ALLAH dan membagi KASIH itu kepada sesama. Agar dapat membuka hati dan memiliki KASIH ALLAH ini, kita harus membenamkan diri di dalam KASIH ALLAH sendiri. Kita harus menyatukan hati kita dengan hati YESUS yang telah mencintai kita apa adanya.

Satu dalam Kasihmu

Hari ini kembali kita mendengarkan doa YESUS yang memohon agar kita menjadi satu. Yesus tahu problem terbesar dalam hidup kita ini adalah bersatu dengan Allah dan diri sendiri. Dengan ikut dan tenggelam dalam doa Yesus ini, maka kita akan tahu apa yang artinya bersatu dengan Tuhan dalam seluruh perjalanan hidup kita. Marilah kita kembali ke dalam keluarga dan komunitas kita masing-masing. Harus ada Kasih Tuhan di sana. Tanpa KASIH, hidup kita tidak akan pernah menikmati kemuliaan dan kebahagiaan sejati. Ketika, Keluarga dan komunitas kehilangan semangat untuk bersatu yang berujung pada kehancuran hidup bersama maka faktor pertama dan utama adalah ketidakterbukaan hati pada Kasih Allah untuk bersatu dan menyatukan diri.

Ayo miliki Kasih Allah di dalam hidup kita, agar kita sungguh bersatu dengan Allah dan dengan keluarga tanpa adanya pikiran cemburu, sombong, dendam, amarah. Dan, seterusnya yang akan membawa kita terisah dari cinta kasih Allah. Ayo buka hati kita saat ini, biar hati nya terbuka kepada Allah agar hanya ada kebaikan dan sukacita yang tercipta di sana.

Salam dan doaku KASIH PUTIH dari HATI yang TULUS MENCINTAI
Berkat dan doaku
Pastor Ryano Tagung, Pr

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti infopertama.com di Google Berita dan WhatsApp Chanel 

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV