Religi  

Renungan Katolik, Bersama Yesus, Berani Bertahan Dalam Godaan!

Hari Minggu Prapaskah I
Ul 26: 4-10; Rm 10:8-13 & Luk 4:1-13
[Thn. VI-SS/65/3/2022]

Pastor Riano Tagung, Pr

Sekali peristiwa, Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus, kembali dari sungai Yordan, lalu dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun. Di situ Ia tinggal empat puluh hari lamanya, dan dicobai Iblis. Selama di situ Yesus tidak makan apa-apa, dan sesudah waktu itu Ia lapar. Lalu berkatalah Iblis kepada Yesus, “Jika Engkau Anak Allah, suruhlah batu ini menjadi roti.” Jawab Yesus kepadanya, “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja.”

Kemudian Iblis membawa Yesus ke suatu tempat yang tinggi, dan dalam sekejap mata ia memperlihatkan kepada Yesus semua kerajaan dunia. Kata Iblis kepada-Nya, “Segala kuasa itu serta kemuliaannya akan kuberikan kepada-Mu, sebab semuanya itu telah diserahkan kepadaku dan aku memberikannya kepada siapa saja yang kukehendaki. Maka, kalau Engkau menyembah aku, seluruhnya itu akan menjadi milik-Mu.”

Tetapi Yesus berkata kepadanya, “Ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!” Kemudian Iblis membawa Yesus ke Yerusalem, dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah, lalu berkata kepada-Nya, “Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu dari sini ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau, Allah akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya untuk melindungi Engkau, dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu.”

Yesus menjawabnya, kata-Nya, “Ada firman: Jangan engkau mencobai Tuhan, Allahmu!”

Sesudah mengakhiri semua pencobaan itu, Iblis mundur dari Yesus, dan menunggu waktu yang baik.

Bersama Yesus, Berani Bertahan Dalam Godaan!

Jangan Takut membuat pilihan yang menentukan dalam hidup. Percayalah, Tuhan tidak akan meninggalkanmu! Musuh terbesar dari iman yang rapuh adalah Rasa Takut! Paus Fransiskus.

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih,
Kita adalah manusia yang tidak akan pernah luput dari setiap godaan dan tantangan di dalam hidup. Apabila kita tidak lagi memiliki godaan atau tantangan di dalam hidup maka pada saat yang kita mati. Tidak ada satu kehidupan pun yang tidak memiliki tantangan.

Hanya saja, setiap orang akan berbeda jenis dan beratnya tantangan atau godaan yang akan dihadapi. Terhadap setiap godaan dan tantangan yang kita hadapi di dalam hidup ini, jangan pernah takut sebab Tuhan Akan Mendengarkan Suara Kita, Ia Memperhatikan Kesengsaraan, Penderitaan dan Penindasan (Ul 26:7) yang sedang kita alami dalam kehidupan ini.

Dalam kondisi apapun, Tuhan tidak akan pernah lelah untuk menemani kita dan memberikan kekuatan kepada kita. Sebab Yesus yang adalah Firman yang menjadi manusia itu dekat dengan hidup kita yaitu di dalam mulut dan di dalam hati kita (bdk. Rm 10:8). Sikap yang mesti kita bangun untuk menghadapi setiap godaan dan tantangan dalam hidup adalah percaya dan berdoa kepadaNya, sebab Barang Siapa Yang Percaya Kepadaku, Tidak Akan Dipermalukan (Rm 10:11) dan Barang Siapa Yang Berseru Kepada Tuhan Akan Diselamatkan (Rm 10:13).

Kekuatan Firman Allah

Yesus telah membuktikan kepada kita bahwa dengan mengandalkan kekuatan Firman Allah, (Ada tertulis: bdk. Luk 4: 4, 8, 12) godaan-godaan setan dapat di hadapi Yesus dengan penuh iman dan keberanian.

Marilah kita kembali ke dalam keluarga dan komunitas kita masing-masing, apakah kita gampang sekali terjatuh dalam setiap godaan yang memecahbelah persatuan dan persaudaraan satu sama lain?? Ataukah, apakah kita sudah mengandalkan Yesus dalam menghadapi setiap tantangan dan cobaan yang kita hadapi? Mari habiskan waktu bersama Yesus dalam doa agar kita mampu mengatasi setiap godaan dari setan yang siap menerjang iman kita. Menemani kita dan memberikan kekuatan kepada kita.

Sebab Yesus yang adalah Firman yang menjadi manusia itu dekat dengan hidup kita yaitu di dalam mulut dan di dalam hati kita (bdk. Rm 10:8). Sikap yang mesti kita bangun untuk menghadapi setiap godaan dan tantangan dalam hidup adalah percaya dan berdoa kepadaNya, sebab barang siapa yang percaya kepadaKu, tidak akan dipermalukan (Rm 10:11) dan barang siapa yang berseru kepada Tuhan akan diselamatkan (Rm 10:13).

Yesus telah membuktikan kepada kita bahwa dengan mengandalkan kekuatan Firman Allah, (Ada tertulis: bdk. Luk 4: 4, 8, 12) godaan-godaan setan dapat di hadapi Yesus dengan penuh iman dan keberanian. Marilah kita kembali ke dalam keluarga dan komunitas kita masing-masing, apakah kita gampang sekali terjatuh dalam setiap godaan yang memecah belah persatuan dan persaudaraan satu sama lain?? Ataukah, apakah kita sudah mengandalkan Yesus dalam menghadapi setiap tantangan dan cobaan yang kita hadapi? Mari habiskan waktu bersama Yesus dalam doa agar kita mampu mengatasi setiap godaan dari setan yang siap menerjang iman kita.

Godaan

Dio ti Benedica

Omnia Sunt Gratia Caritate Dei
Semua Karena Kasih Karunia Allah!
=1 Kor 15:10=

Servire Dio Con Amore e Gioia
Melayani Allah dengan Cinta dan Sukacita

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV