Perpres Publisher Rights, Presiden Jokowi: Lahir dari Keinginan Insan Pers

Publisher Rights
Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta, infopertama.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung publisher Rights saat menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional, Selasa, 20 Februari 2024, di Ecoventional Hall, Ecopark, Ancol, Jakarta Utara.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi berterimakasih kepada pers yang turut mengawal Pemilu (pemilihan umum) 2024 yang baru saja berlangsung, Rabu (14/02).

Ia menegaskan sangat menghormati kebebasan pers, berekspresi dan berpendapat. “Saya menghormati kebebasan pers, berekspresi, dan berpendapat di Tanah Air. Oleh karena itu, saya menerima segala kritikan tajam, sebagai bentuk penghormatan.” Ungkap Jokowi pada puncak peringatan HPN.

Kepada para insan pers di seluruh Tanah Air, Presiden Jokowi berharap tetap memberitakan fakta apa adanya. Tapi, bukan mengada-ada dan bukan asumsi.

“Alhamdulillah saya menandatangani  Perpres Publisher Rights yang mengatur tanggung jawab platform digital untuk Mendukung Jurnalisme Berkualitas. Jurnalisme yang jauh dari konten-konten negatif, jurnalisme yang mengedukasi kemajuan Indonesia.”

Pemerintah, kata Jokowi juga ingin memastikan keberlanjutan industri media nasional, dengan kerja sama yang lebih adil antara perusahaan pers dan platform digital. Sekaligus, memberikan kerangka umum yang jelas bagi kerja sama keduanya.

Perpres ini sama sekali tidak dimaksudkan untuk mengurangi kebebasan pers. Saya tegaskan bahwa perpres publisher rights lahir dari keinginan dan inisiatif insan pers.

Presiden Jokowi menaruh harapan besar perusahaan pers dalam negeri dapat memikirkan langkah-langkah yang konkret dan strategis, serta terus berinovasi di tengah ketidakpastian global.

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV