Camat Robertus Wujudkan Bukit Nanga Lok Bebas Sampah

Giat Bebas Sampah di Bukit Cinta Nanga Lok, Lokasi Pelantikan Camat Sambi Rampas

Borong, infopertama.com – Pasca pelantikan (01/10/2021) lalu, Camat Sambi Rampas Robertus Nardin, S.Pd melakukan aksi pembersihan kawasan bukit Nanga Lok di desa Golo Lijun, Kecamatan Elar. Melibatkan seluruh Staf Kecamatan Sambi Rampas dalam giat hari pertama ini. Kepada media, Nardin menjelaskan bahwa kegiatan ini sudah sepakati dengan seluruh staf dan panitia pada acara pelantikan.

Pasca Pelantikan, Camat Robertus Wujudkan Bukit Nanga Lok Bebas Sampah
Beberapa orang tampak sedang membersihkan sampah di bukit Nanga Lok.

“Kegiatan bakti dan bersih kawasan Bukit Nanga Lok ini, sesuai kesepakatan pada saat pelantikan, karena tidak bisa segera lakukan pada saat itu. Mengingat masyarakat masih banyak di lokasi hingga menjelang maghrib. Dan, beberapa agenda kegiatan setelah pelantikan. Kemarin kami rapat hari pertama, dan hari ini aksi bersih-bersih di kawasan Nanga Lok yang jadi tempat pelantikan beberapa hari lalu,” ujar Robertus.

Camat Robertus menjelaskan bahwa sejak awal panitia sudah memperkirakan akan ada tumpukan sampah di kawasan tersebut. Sehingga panitia meniapkan karung untuk tempat sampah dan beberapa kali mengingatkan agar menertibkan sampah. Tetapi, kita harus realistis bahwa masyarakat kita masih belum semuanya punya kebiasaan membuang sampah pada tempatnya. Ini adalah tantangan ke depan, bagaimana masyarakat satu presepsi tentang menertibkan sampah di kawasan wisata.

“Pekerjaan rumah ke depan terkait pariwisata adalah mengedukasi masyarakat bagaimana menertibkan dan mengolah sampah secara baik. Karena pariwisata sangat sensitif dengan sampah, tandas camat yang pernah juga menjadi kepala sekolah di Pota tersebut.

Singgung terkait sorotan media terhadap sampah kegiatan, Robertus berkomentar tenang. Bahwa tidak semua orang paham konteks yang sebenarnya, jadi harus maklumi.

“Wajar saja, dari yang tersisa tentang cerita pelantikan pasti akan menyisahkan sampah sisa makanan, minuman dan sebagainya. Ada yang paham konteksnya ada juga yang berasumsi. Buat saya itu semua bentuk kecintaan terhadap Sambirampas, hanya dengan cara yang berbeda, ujar Camat Robertus.

Peduli Pariwisata

Robertus juga menegaskan bahwa sebagai Camat yang baru dilantik dan punya kepedulian di Sektor Pariwisata tentu memikirkan hal tersebut, maka diagendakan kegiatan dalam sepekan dari Camat baru.

Hari pertama Senin, 4 Oktober 2021, Camat baru mengadakan apel perdana dan rapat perdana dengan semua pegawai kecamatan Sambi Rampas.

Hari kedua, Selasa, 5 Oktober 2021 sudah diagendakan untuk membersihkan sampah di lokasi pelantikan Camat Sambi Rampas di bukit Nanga Lok, yang dilaksanakan padi hari ini.

Kepada semua pihak Camat Robert mengajak untuk bahu membahu mengedukasi masyarakat terkait sampah, termasuk media.

“Saya berharap kita bahu membahu mengedukasi masyarakat tentang bagaimana menjaga kawasan pariwisata. Saya kira media juga bisa membantu kami melakukan hal ini, pungkas Camat Robertus.

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV