Pemda Manggarai Apresiasi Giat PLN Peduli Gelar Lomba Menulis Opini Bareng Media Lokal

Lomba Menulis Opini
Kadis PPO Manggarai, Frans Gero (Jivansi)

Ruteng, infopertama.com – Pemerintah Kab. Manggarai mengapresiasi niat baik PT PLN (Persero) yang telah dan menggalakan giat Lomba Menulis Opini bagi siswa SMA/SMK sekabupaten Manggarai.

Apresiasi itu disampaikan melalui Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Kadis PPO) Kab. Manggarai, Fransiskus Gero, Rabu, 23 Agustus 2023.

Via Gawainya, mantan guru bahasa Indonesia itu mengungkapkan bahwa pendidikan merupakan urusan bersama, karenanya tetap berkolaborasi dengan semua pihak, termasuk PT PLN.

“Prinsipnya setiap kegiatan yang bermuara untuk peningkatan mutu pendidikan terutama untuk masa depan anak-anak, kita dukung penuh. Pendidikan merupakan urusan bersama, tetap berkolaborasi.” Tutur Kadis Frans.

Sebelumnya, PT PLN (Persero) UIP Nusa Tenggara (Nusra) menggandeng media online SwaraNTT.Net pada HUT ke 6 pada 20 Agustus menggelar Lomba Menulis Opini bagi Siswa SMA SMK se kabupaten Manggarai.

Perwakilan PT PLN (Persero) UIP Nusra, Ardhian Dwi Candra P kepada media menjelaskan bahwa PLN tidak hanya memproduksi dan menjual listrik. Tetapi, PLN juga punya kepedulian akan dunia pendidikan di Indonesia dalam program PLN Peduli.

Kali ini, bekerjasama dengan media partner menyelenggarakan Lomba Menulis Opini bertepatan dengan hari jadi ke 6 SwaraNTT.Net yang bernaung di bawah PT Media Group Swara Net. Tentunya, pemilihan tema harus disesuaikan dengan visi pemerintah dan PLN tentang Energi Baru Terbarukan (EBT).

Ardhian Dwi Candra P juga menyampaikan banyak terima kasih kepada para siswa yang sudah terlibat dalam giat Lomba Menulis Opini.

“Terimakasih kepada semua yang sudah terlibat. Profisiat juga kepada para pemenangnya. Semoga, ke depan giat-giat seperti ini akan terus kita lakukan di Flores.” Tutur Ardhian Dwi Candra P dalam sambutan saat acara pengumuman pemenang Lomba Menulis Opini, Selasa, 22 Agustus 2023 di Spring Hill Resto Ruteng.

Ia juga mengajak para pemenang dan semua siswa yang telah terlibat pada saatnya mengunjungi beberapa pembangkit di Flores seperti PLTP Ulumbu, Mataloko, juga di Sokoria Ende.

Ketahui, memasuki usia ke 6 tahun, SwaraNTT.Net yang menyelenggarakan lomba menulis Opini yang menyasar pelajar SMA SMK se kabupaten Manggarai.

Dari sekian banyak sekolah yang terlibat, ada 52 siswa yang mengirimkan opininya ke meja redaksi. Kemudian, dari jumlah tersebut setelah melalui proses panjang, akhirnya memutuskan memilih 3 tulisan terbaik sebagai pemenang.

Mereka (pemenang) itu masing-masing Bernandia Gisela Quintavalle dari SMAK St. Klaus Kuwu dengan opininya berjudul, “Revitalisasi Tradisi Sistem Po’ong Dalam Kebudayaan Orang Manggarai Sebagai Strategi Ketahanan Pangan” sebagai pemenang pertama.

Pemenang kedua milik Yosefa Claudia Sumardi (SMAN 1 Langke Rembon) dengan opini berjudul “Menelusuri Pemanfaatan Energi Hijau Yang Inovatif Guna Mendukung Strategi Pemerintah Mempercepat Transmisi Energi Sebagai Kolaborasi Menuju Pembangunan Efisien Yang Berkelanjutan”.

Sementara pemenga ketiga Septiani Melita Namung, SMAK ST. Fransiskus Xaverius Ruteng dengan opini berjudul “Upaya Mengurangi Emisi Karbon Dengan Pemanfaatan Lampu Bertenaga Surya”.

Ada pun tema dari kegiatan penulisan opini ini, adalah “Pemanfaatan Energi Ramah Lingkungan” dan “Dampak Perubahan Iklim Global Terhadap Ketahanan Pangan”.

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV