Ketua DPD RI Sambangi Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende

Rumah Pengasingan Bung Karno
(Lanyalla Center)

Ende, infopertama.com – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, menyempatkan mengunjungi rumah pengasingan Bung Karno. Dalam kunjungannya ini, ia meminta agar pemerintah dan pihak-pihak terkait bisa menjaga kelestarian Rumah Pengasingan Bung Karno yang berada di Ende, Nusa Tenggara Timur.

Hal itu LaNyalla sampaikan saat mengawali rangkaian kunjungan kerja di Ende, Minggu 29 Mei 2022.

Menurutnya, Rumah Pengasingan Bug Karno di Ende adalah bagian dari sejarah penemuan mutiara bangsa, yakni falsafah sekaligus way of life bangsa ini, yaitu Pancasila.

“Saya rasa kita beruntung karena masih memiliki peninggalan yang merupakan bagian dari sejarah perjalanan bangsa. Seperti Rumah Pengasingan Bung Karno,” kata dia.

Rumah Pengasingan Bung Karno
Ketu DPD RI, LaNyalla saat menyambangi rumah pengasingan Bung Karno yang berada di Ende, Nusa Tenggara Timur, Minggu 29 Mei 2022. (Lanyalla Center)

Karena itu, lanjut LaNyalla, kelestarian tempat-tempat seperti harus terus kita jaga.

“Kita harus renungi perjuangan beliau, pengorbanan beliau dan kegiatan-kegiatan beliau selama di Ende. Bahkan ada tempat ibadah khusus untuk beliau di rumah ini. Tanda bahwa beliau selalu dekat dengan Allah,” katanya.

LaNyalla menjelaskan, Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende menyimpan banyak sekali makna.

“Di sinilah suasana kebatinan seorang Bung Karno sebagai Bapak Bangsa bergejolak. Dan di tempat inilah digali lima sila yang kita kenal dengan Pancasila. Yang kemudian menjadi pedoman bangsa yang wajib pertahankan,” terangnya.

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti infopertama.com di Google Berita dan WhatsApp Chanel 

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV