Imigrasi Mataram dan Forkopimda NTB Lepas 204 PMI ke Malaysia

Mataram, infopertama.com – Sejumlah 204 Pekerja Migran Indonesia atau PMI asal Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (29/8/2022), secara resmi lepas keberangkatannya oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram, bersama Forkopimda dan stakeholder NTB.

Pelepasan ke-204 PMI asal NTB di bawah payung PT. Kijang Lombok Raya tersebut, terpusat di Asrama Haji Embarkasi Lombok, Jl. Lingkar Selatan Kota Mataram, yang dihadiri Gubernur dan Waki Gubernur NTB, BP2PMI. Ada anggota DPD RI dapil NTB, APPMA, Disnaker NTB, Bank BNI dan Komisaris PT. Kijang Lombok Raya.

Plt. Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi (Kasi TIK) Keimigrasian I Made Surya Artha, mengapresiasi suksesnya perlaksanaan pelepasan 204 PMI tersebut.

“Pemberangkatan ini merupakan sesuatu yang layak untuk apresiasi, terlebih hal ini bisa terealisasi bukan hanya karena ada peran imigrasi di dalamnya. Melainkan juga peran serta dan kerja keras para stakeholder lain, demi membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat NTB,” ungkapnya.

Made Surya menegaskan, Imigrasi Mataram senantiasa siap mendukung pemberangkatan PMI secara legal. Pihaknya memastikan akan memberikan dukungan dari sisi keimigrasian, khususnya bagi mereka yang hendak bekerja ke luar negeri secara legal.

“Selama persyaratan lengkap tentu akan kami bantu. Siapapun masyarakat yang hendak membuat paspor untuk bekerja ke luar negeri,” kata Made Surya.

Namun demikian, sapaan Made Surya itu juga menegaskan bahwa dalam pelayanan keimigrasian, Kantor Imigrasi Mataram tetap mengedepankan aspek kehati-hatian dalam menerbitkan paspor.

“Tim kami melakukan screening yang ketat, guna memastikan tidak ada yang menyalahgunakan paspor untuk bekerja secara illegal. Kami himbau masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri untuk mengikuti prosedur yang berlaku, agar mereka senantiasa terlindungi saat mencari nafkah di luar negeri,” tandasnya.

Ketahui bahwa selain lakukan pelepasan secara resmi, dalam kesempatan tersebut juga laksanakan pengembalian biaya keberangkatan secara simbolis, oleh PT. Kijang Lombok Raya kepada PMI dan keluarganya. Dimana pengembalian ini bertujuan untuk meringankan beban para PMI yang hendak merantau ke luar negeri.