Gibran-Kaesang Sungkem ke Megawati di KPU: “Jurus Jitu Pulihkan Reputasi”

infopertama.com – Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka dinilai ingin melakukan pemulihan reputasinya. Yakni dengan menghampiri Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri saat pengundian nomor urut pasangan capres-cawapres di KPU RI.

Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Esa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga menilai, Gibran ingin menunjukan jika ia masih memiliki etika meski membangkang dari PDIP untuk menjadi cawapres Prabowo Subianto. Begitu pun dengan aksi adiknya Kaesang Pangarep.

“Cara itu tampaknya ingin menyangkal bahwa tidak benar mereka abai pada etika politik. Mereka ingin menunjukkan, meskipun muda, tetap menjunjung tinggi etika dan moral dalam berpolitik,” kata Jamiluddin, Rabu (15/11/2023).

Kata dia, Gibran dan Kaesang ingin menyampaikan kepada para pengkritiknya, mereka berdua sangat menjaga etika. Counter ini, kata dia, sekaligus ingin mengatakan bahwa para pengeritik telah keliru mengeritik mereka seperti itu.

“Bisa jadi, perilaku sungkem dan salim itu diarahkan oleh Joko Widodo atau konsultan politiknya. Moment tersebut digunakan untuk memulihkan reputasi Gibran dan Kaesang,” tuturnya.

Di sisi lain, dia menyebut pendekatan komunikasi politik yang indirect semacam itu kerapkali pas digunakan di Indonesia. Sebab, pendekatan komunikasi seperti itu pas dengan budaya Indonesia.

“Jadi, komunikasi politik yang dilakukan Gibran dan Kaesang dimaksudkan untuk memulihkan reputasi mereka yang dinilai abai etika politik. Hanya dengan sungkem dan salim diharapkan penilaian itu dapat diminimalkan,” tuturnya.

Namun ia mengingatkan, reputasi tentu tidak semudah itu. Perlu waktu yang lama dengan sikap dan perilaku yang konsisten.

“Semua itu dikomunikasikan dengan frekuensi dan intensitas yang tinggi agar publik yakin Gibran dan Kaesang memang menjunjung tinggi etika politik,” katanya.

Senada juga disampaikan Aquiva Paul, analis komunikasi politik yang lama stay di Jogja dan Solo. Menurutnya, moment sungkemnya Kaesang Pangarep ke Megawati menjadi pukulan telak untuk disakiti sekali lagi.

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti infopertama.com di Google Berita dan WhatsApp Chanel 

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV