Dua WNI Asal NTT Ditahbiskan Jadi Imam Gereja di Kazakhstan

Jakarta, infopertama.com – Dua WNI asal Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi imam Gereja Katedral Santa Perawan Maria dari Fatima di Karaganda, Kazakhstan.

Duta Besar Kazakhstan Fadjroel Rachman membagikan informasi pentahbisan dua WNI asal NTT. Keduanya menjadi imam gereja di Kazakhstan pada Minggu (18/9/2022).

Fadjroel Rachman membagikan video pentahbisan dua WNI asal Flores, NTT yang menjadi imam gereja di Kazakhstan.

Tampak suasana khusyuk begitu terasa saat dua WNI itu menjalani sejumlah prosesi keagamaan.

Pada unggahannya, Fadjroel Rachman mengatakan bahwa pentahbisan dua WNI yang menjadi imam di Gereja Katedral Santa Perawan Maria dari Fatima – Bunda Segala Bangsa di Karaganda, Kazakhstan ialah Pater Filip, CJD dan Pater Agustin, CJD.

Pater Filip, CJD atau Pater Levi berasal dari Manggarai Timur dan Pater Agustin, CJD atau Pater Chen berasal dari Satar Mese, Manggarai.

“Proficiat! Menghadiri Pentahbisan dua WNI dari Flores, NTT, Indonesia: Pater Filip, CJD dan Pater Agustin, CJD. Menjadi Imam di Gereja Katedral Santa Perawan Maria dari Fatima – Bunda Segala Bangsa di Karaganda, Kazakhstan,” tulis Fadjroel Rachman.

Sebagai Duta Besar Kazakhstan, Fadjroel Rachman mengaku bangga dan terharu atas kontribusi putra-putra Indonesia dalam peradaban keagamaan dan kemanusiaan.

“Bangga dan terharu melihat putra-putra Indonesia berkarya bagi agamanya dan kemanusiaan di negeri orang. Semoga selalu sehat dan selamat,” kata Fadjroel.

Dalam vidio, salah satu WNI yang baru saja menjadi imam gereja di Kazakhstan pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukungnya hingga pentahbisannya menjadi imam gereja di negeri orang.

Dua WNI asal NTT

Ia bercerita bagaimana awal datang ke Kazakhstan tanpa menguasai Bahasa Inggris hingga akhirnya memeroleh bimbingan dengan penuh kesabaran.

Bahasa Flores pun menggema di gereja Kazakhstan saat sosok imam gereja itu mengucapkan rasa terima kasih sedalam-dalamnya untuk orang tua dan para Pastor di Flores.

Ketahui, Pater Filip, CJD dan Pater Agustin, CJD adalah imam katolik dari konggregasi Kanonik Regular dari Yesus Tuhan (CJD). Merupakan sebuah komunitas religius Imam dan Frater Kekal Katolik yang menghayati semangat hidup persaudaraan seturut Regula Santo Agustinus. CJD merupakan singkatan dari Canonici Regulares A Jesu Domino.