Tidak Lengkap, Berkas Paket Karisma Dikembalikan, KPU: Pilkada Manggarai 2024 Tanpa Calon Independen

Ruteng, infopertama.com – Hari terakhir jadwal pendaftaran bakal calon bupati dan wakil Manggarai dari jalur Independen pada Minggu, 12 Mei 2024, Paket Karisma secara resmi mendaftar di KPUD Manggarai.

Paket Karisma dengan Kornelis Dola sebagai calon Bupati dan Louis Hama sebagai calon Wakil Bupati harus memiliki sejumlah 24 ribu atau 10 persen dukungan dari jumlah DPT yang tersebar di minimal 7 kecamatan di Kabupaten Manggarai.

Namun, usai paket karisma melakukan pendaftaran, pihak KPUD Manggarai langsung melakukan proses verifikasi administrasi.

Komisioner KPUD Manggarai, Ryan Kondo kepada infopertama.com, menjelaskan bahwa berkas yang diserahkan paket karisma saat pendaftaran di KPUD ternyata tidak lengkap. Sehingga, berkas itu dikembalikan.

“Tadi malam paket karisma tapi berkasnya dikembalikan karena tidak lengkap.” Ujar Kondo via gawainya, Senin, 13 Mei 2024 pagi.

Masih menurut Kondo, setelah pihaknya mengembalikan berkas paket Karisma, maka Pilkada Manggarai 2024 yang akan gelar pada 27 November mendatang tidak diikuti calon independen.

“Sehingga, Pilkada tahun 2024 kabupaten Manggarai tanpa diikuti calon independen.” Sebut Ryan Kondo.

Adapun menurut Ryan Kondo, bahwa syarat minimal dukungan yang disodorkan paket Karisma tidak terpenuhi, yakni kurang dari 10 persen dari jumlah DPT di Manggarai.

Sebagaiman diketahui, dalam dua terakhir, Bursa Bursa Calon Kepala Daerah Manggarai nama Kornelis Dola sering didiskusikan dan digadang-gadang sebagai sosok bakal calon yang mampu mengalahkan Petahana, Hery Nabit. 

Terlebih, usai Pemilu Legislatif 14 Februari Kornelis Dola mendeklarasikan berpasangan dengan tokoh muda asal Lentang, kecamatan Lelak dengan latar belakang akademisi, Aloisius Hama sebagai wakilnya.

Perpaduan Cibal – Lelak ini dipercaya mamou mendapat dukungan dari minimal 10% atau sekitar 24 ribu dari jumlah DPT di Manggarai.

Atas keseriusan itu, Baliho Kornelis Dola sebagai Calon Bupati Manggarai pun menyebar pada titik strategis di 12 kecamatan.

Ikuti infopertama.com di Google Berita dan WhatsApp Chanel 

 

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV