Ternyata Segini Harga SUV Mercedes-Benz RI 41 yang Ditumpangi AHY

Jakarta, infopertama.com – Mercedes-Benz GLS 450 berpelat ‘RI 41’ yang ditumpangi Menteri ATR/Kepala BPN AHY terbilang premium. Segini harga SUV Jerman itu.

SUV hitam yang ditumpangi Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mencuri perhatian. Mengusung pelat ‘RI 41‘, mobil itu bukanlah mobil yang diperuntukkan sebagai mobil dinas menteri.

Sebagaimana diketahui, menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju mendapatkan Toyota Crown 2.5 HV G-Executive sebagai kendaraan dinasnya.

Kendati demikian, para menteri itu tidak diwajibkan untuk menggunakan mobil dinas yang disediakan pemerintah.

Adapun mobil yang ditumpangi AHY itu adalah Mercedes-Benz GLS 450. Mercedes-Benz GLS 450 itu juga disematkan pelat nomor ‘RI 41’ yang emang diperuntukkan bagi mobil Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.

Spesifikasi Mercedes-Benz GLS 450
SUV ini tergolong baru. Di Indonesia, Mercedes-Benz GLS 450 anyar meluncur pada medio 2020. GLS 450 juga merupakan penerus dari pendahulunya GLS 400.

Sebagai SUV yang meramaikan segmen premium, tentu fitur maupun performa GLS 450 terbilang sudah jempolan.

Di balik kapnya, GLS 450 menggendong mesin bensin 3.000 cc, 6 silinder segaris, dengan teknologi EQ Boost.

Mesin ini dilengkapi sistem elektrik 48 Volt dan terintegrasi dengan starter-generator. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimum 270 kW (367 hp) dan torsi 500 Nm. Sedang teknologi EQ Boost menyumbang torsi 250 Nm dan 16 kW/22 hp sebagai output tambahan. Mesinnya dipasangkan dengan transmisi otomatis 9G-Tronic.

GLS dilengkapi sistem drive assist (bantuan mengemudi). Fiturnya ada Active Lane Keeping Assist, yang bisa mencegah kendaraan melintas melewati garis ke sebelah kanan atau kiri jalur.

Active Lane Keeping Assist menggunakan ESP untuk mengerem roda yang berlawanan sehingga mencegah kendaraan melewati garis.

Fungsi manuver belok dari Active Brake Assist juga sebuah fitur baru di model ini. Cara kerjanya, jika ada potensi bahaya tabrakan dengan kendaraan yang mendekat saat berbelok, GLS 450 dapat direm pada kecepatan, yang biasanya dihasilkan pada kondisi tersebut.

Bergeser ke sektor interior, GLS 450 memiliki bagian dalam yang elegan dengan corak kursi kecoklatan. Sama seperti mobil flagship Mercedes-Benz lainnya, GLS 450 juga dibekali ambient light yang bisa diatur warnanya melalui panel layar sentuh di dasbor.

Untuk sistem hiburan, terdapat MBUX (Mercedes-Benz User Experience), yang bisa menjalankan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay.

Selain itu, pada konsol tengah terdapat touchpad yang bisa digunakan untuk mengakses menu dan fitur yang ada di panel layar sentuh.

Harga Mercedes-Benz GLS 450

Dengan ragam fitur jempolan yang tersemat, tidak heran kalau SUV Jerman ini punya harga fantastis. Dikutip laman Mercedes-Benz Indonesia, GLS 450 ini dibanderol Rp2,73 miliar dengan status off the road.

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV