Sejarah dan Daftar Juara UEFA Nations League: Ajang Pembuktian Sepak Bola Eropa

Juara UEFA Nation League
Prancis jadi negara pertama yang mampu menang Piala Dunia, Piala Eropa dan UEFA Nations League (FOTO: REUTERS/Alberto Lingria)

Jakarta, infopertama.com – Sejarah dan daftar juara UEFA Nations League menarik perhatian penggila bola Eropa. UEFA Nations League 2022/2023 merupakan edisi ketiga. Terhitung 55 negara yang terbagi dalam empat divisi liga akan bertanding dalam Liga Negara Eropa 2022.

Berdasarkan hasil drawing, Italia, Jerman, dan Inggris, dan Hungaria akan bertemu di Grup 3 Liga A. Timnas Prancis yang berstatus sebagai juara bertahan UEFA Nations League akan mengadu reputasinya di Grup 1 Liga A bersama Denmark, Kroasia, dan Austria.

Selanjutnya, Spanyol sebagai runner-up edisi terakhir akan bersaing di Grup 2 Liga A, menghadapi Portugal, Swiss, dan Republik Ceko. Sedangkan Grup 4 Liga A ada Belgia, Belanda, Polandia, dan Wales.

Adapun di Liga C dan D, terdapat dua slot yang belum terisi. Negara yang menghuni slot tersisa di Grup C dan D penentuannya berdasarkan hasil play-off.

Ajang akbar sepak bola bagi negara-negara Eropa tersebut tentu akan menjadi gengsi tersendiri. Penasaran dengan sejarah dan daftar juara UEFA Nations League? Berikut informasinya merangkum dari berbagai sumber.

Sejarah dan Daftar Juara UEFA Nations League

Sejarah UEFA Nations League

UEFA Nations League merupakan liga internasional baru yang diselenggarakan oleh UEFA dengan peserta dari negara-negara Eropa. Ajang ini pertama kali dihelat pada bulan September 2018, setelah ajang Piala Dunia 2018 berakhir.

Turnamen ini diadakan dengan tujuan meningkatkan kualitas Timnas negara di Eropa mengingat laga persahabatan yang dinilai tidak efektif dalam pengujian kemampuan masing-masing negara.

Menurut Yngve Halen, Asosiasi Sepak Bola Norwegia, mengatakan bahwa UEFA sudah merencanakannya sejak Oktober 2013.

Sekretaris Jenderal UEFA, Gianni Infantino mengatakan terkait manfaat kompetisi tersebut yaitu dapat membantu tim nasional yang kurang terkenal.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Sepak Bola Belgia, Steve Martens menambahkan bahwa negara yang memiliki peringkat bawah bisa mendapatkan keuntungan dari segi finansial, salah satunya terkait hak siar dari stasiun televisi.

Pada akhirnya, UEFA Nations League disetujui oleh 54 (kecuali Kosovo) anggota Kongres UEFA XXXVIII yang berlangsung di Astana 27 Maret 2014.

Daftar Juara UEFA Nations League

2018/2019 – Portugal (Juara), Belanda (Runner-up), Inggris (Peringkat Ketiga).
2020/2021 – Prancis (Juara), Spanyol (Runner-up), Italia (Peringkat Ketiga).
2022/2023 – Sedang berlangsung.

Demikian informasi mengenai sejarah dan daftar juara UEFA, semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca sekalian.***

Selengkapnya baca di sini