Kantor KSP Kopdit Suka Damai Cabang Manggarai Timur Resmi Beroperasi

Kopdit Suka Damai
Agustinus K. Sentisal, SE selaku Ketua Pengurus KSP. Kopdit Suka Damai saat memberikan sambutan dalam acara pengresmian Kantor KSP. Kopdit Suka Damai Cabang Manggarai Timur (Jivansi)

Borong, infopertama.com – Dalam upaya mendekatkan pelayanan dan juga memudahkan segala keperluan dari para anggotanya yang berada di wilayah Kabupaten Manggarai Timur, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopdit Suka Damai akhirnya meresmikan kantor cabang tersendiri di wilayah tersebut, pada Sabtu 3 Agustus 2022.

Hal ini ditandai dengan rangkaian acara yang berpuncak pada penggutingan pita dengan dihadiri oleh Kabag Ekonomi & Pembangunan Manggarai Timur, Hermenegildus P. Adman, anggota Puskopdit Manggarai, Ketua Pengurus dan Pengawas, General Manager serta anggota KSP. Kopdit Suka Damai dari beberapa kecamatan, dan juga segenap tamu undangan lainnya.

Kopdit Suka Damai
Acara Pemotongan Pita Peresmian KSP Kopdit Sukaa Damai, di Ranaloba, Borong, Manggarai Timur. (Jivansi)

Di bawah tema ‘KSP. Kopdit Suka Damai Hadir Demi NTT Bangkit’, Agustinus K. Sentisal, SE selaku Ketua Pengurus, kepada jurnalis media ini mengungkapkan bahwa, kehadiran KSP. Kopdit Suka Damai di Kabupaten Manggarai Timur masih terbilang baru. Meski demikian, lanjutnya, respon dan minat dari masyarakat untuk menjadi anggota itu cukup besar.

“Awalnya itu di bagian utara Manggarai Timur, tepatnya di daerah Pota. Dan untuk di dalam kota Borong itu sendiri baru berjalan satu-dua bulan Pak. Untuk posisi yang sekarang, jumlah masyarakat Kabupaten Manggarai Timur yang sudah bergabung menjadi anggota KSP. Kopdit Suka Damai itu berjumlah 332 orang Pak,” cetus Agustinus.

“Dari jumlah yang ada dengan usia kehadiran yang masih tergolong cukup muda ini, kita melihat adanya ruang positif untuk terus berkembang kedepannya Pak,” sambung Agustinus.

Lebih lanjut, Agustinus menerangkan bahwa, berhadapan dengan jumlah anggota yang ada sekarang ini, dimana sudah ada pertumbuhan anggota yang cukup signifikan, pihaknya tentu terus berupaya untuk bisa mendekatkan diri dalam pelayanan dan juga keperluan anggotanya. Salah satu langkah yang diambil, lanjutnya, adalah dengan menyediakan sarana, seperti kantor cabang.

“Kalau tidak ada kantornya juga kan maka bukan tidak mungkin respon kita dengan keperluan dan kepentingan dari anggota KSP. Kopdit Sukaa Damai itu bisa saja lamban kan?” Tandas Agustinus.

Lebih jauh, Agustinus mengungkapkan bahwa, melalui pendidikan anggota, KSP. Kopdit Suka Damai akan terus memberikan pemahaman sehingga setiap anggota yang bergabung bisa memahami hidup berkoperasi itu seperti apa dan tidak perlu merasa begitu takut.

“Kedepannya, pendidikan anggota itu juga akan lebih dominan. Di dalamnya, kita dorong agar mereka bisa memahami hidup berkoperasi itu seperti apa. Hal ini sangat penting sehingga dalam berkoperasi, para anggota juga tidak begitu cemas dan juga takut,” tutupnya.

Harapan Pemda Kabupaten Manggarai Timur

Sementara itu, Bupati Manggarai Timur, Andreas Agas melalui Kabag Ekonomi & Pembangunan Manggarai Timur, Hermenegildus P. Adman, SE dalam sambutannya berharap agar kehadiran Kantor Cabang KSP. Kopdit Suka Damai tersebut bisa mendukung peningkatan ekonomi masyarakat dan juga senantiasa memudahkan anggota koperasi dalam bertransaksi.

“Kami juga ingin mengajak seluruh elemen masyarakat agar memanfaatkan keberadaan kantor cabang ini sebagai salah satu motor penggerak perekonomian masyarakat di daerah. Salah satunya melalui budaya gemar menabung dan menfaatkan program-program yang ada,” ungkap Hermenegildus.

Lebih lanjut, di hadapan para tamu undangan yang ada, Hermenegildua mengingatkan agar jangan menjadi anggota koperasi karena butuh uang.

“Jangan jadi anggota koperasi karena butuh uang. Dan setelah kebutuhan sudah terpenuhi lalu gantu nomor handphone,” cetusnya.

Lebih jauh, Hermenegildus menegaskan beberapa poin penting kepada pengawas dan pengurus KSP. Kopdit Suka Damai.

Pertama, pengurus, pengelola karyawan dan selurub gerakan koperasi untuk terus memperkenalkan koperasi dari sisi kebaikan-kebaikan dan memanfaatkan yang bisa dipetik pada saat menjadi anggota.

Kedua, anggota masyarakat juga bisa menjadi anggota KSP. Kopdit Suka Damai Cabang Manggarai Timur.

Ketiga, menyampaikan perkembangan usaha, kelembagaan, permodalan dan keuangan kepada anggota secara periodik bagi kepada anggota maupun pihak pembina sebagai wujud transparansi dan tanggung jawab moral pengurus dan pengelola.

Keempat, memberikan pelayanan yang terbaik untuk anggota masyarakat guna menarik minat sekaligus sebagaj wadah pengembangan sesama anggota.

Kelima, diharapkan kepada pengurus dan pengawas untuk mengurus proses perijinan pembukaan kantor cabang kepada Pemerintah Manggarai Timur.

“Akhirnya kami menyampaikan profisiat atas pelaksanaan pembukaan kantor cabag yang baru ini. Kiranya dapat membawa koperasi ini semakin lebih baik, tangguh dan mandiri,” tutupnya.

Pantauan media ini terlihat, rangkaian acara pengresmian Kantor KSP. Kopdit Suka Damai ini diramaikan dengan penampilan dari para pelajar SMA Panca Sila Borong.

Alamat Kantor

(Foto: Jivansi)

Untuk diketahui, Kantor KSP. Kopdit Suka Damai Cabang Manggarai Timur ini persis berada di Jln. Soekarno Hatta – Kelurahan Ranaloba, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur.

Email: Kopditsukadamai@yahoo.gmail.com
Website: www.kspkopditsukadamai.org
Badan Hukum No: 03/PAD/BH/XXIX/IV/2015