DPRD Minta Pemerintah Bangun TPT pada Lokasi Longsor di Rahong Utara

TPT

Ruteng, infopertama.com – Anggota DPRD Kabupaten Manggarai Engelbertus H.R Ganggut, merespon soal besaran anggaran bantuan pemerintah terhadap penanggulangan bencana tanah longsor di Rumah Petrus Wagut warga Laru, Desa Manong, Kecamatan, Rahong Utara, Kabupaten Manggarai. Ebert Ganggut meminta pemerintah Kabupaten Manggarai memperbaiki kerusakan di rumah warga dan jalan akibat tanah longsor itu secara penuh.

“Saya pikir semua bencana alam yang berdampak baik umum maupun pribadi seyogyanya harus mendapat perhatian pemerintah. Terkait kondisi yang terjadi di Manong saya pikir harus tanggapi serius,” ungkap Ebert melalui pesan WhatsApp kepada infopertama.com pada Kamis (27/05/21) siang.

Anggota DPRD Dapil V, Wae Ri’i dan Rahong utara itu menjelaskan, kerusakan (bencana longsor) terjadi akibat dari dampak perluasan dan penggusuran pelebaran jalan. Hal Ini jika biarkan akan berdampak pada munculnya bencana lanjutan yang lebih besar.

“Solusinya buatkan beronjong atau tembok penahan tanah (TPT). Memang ada bantuan pemerintah dari BPBD berupa semen, dan Dinas sosial berupa beras. Terkait material yang lain tentu tidak dapat kita bebankan kepada masyarakat yang berdampak karena kondisi ekonomi mereka juga memprihatinkan.” Kata ketua badan kehormatan Dewan itu.

Ebert pun berjanji akan menyampaikan persoalan ini kepada pemerintah. Ia mendorong agar anggaran pembangunan beronjong atau TPT nantinya yang alokasikan melalui anggaran perubahan.

“Kita coba dorong ke PU (Dinas Pekerjaan Umum) melalui anggaran perubahan. Kalau dana kita mencukupi, kalau tidak mungkin di anggaran induk 2022,” tutupnya. 

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti infopertama.com di Google Berita dan WhatsApp Chanel 

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV