Proyek Rabat Beton di Compang Namut Urung Rampung, Kades Berdalih Karena Hujan

Ruteng, infopertama.com – Pelaksanaan APBDes tahun 2023 sebagian desa masih belum rampung. Hal ini membutuhkan pengawasan ketat dari masyarakat desa untuk terus mengawal pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari dana desa.

Seperti halnya di desa Compang Namut, kecamatan Ruteng, kabupaten Manggarai, salah satu kegiatan yang bersumber dari dana desa 2023 molor hingga di tahun anggaran 2024 yang mestinya harus selesai pada Desember 2023.

Pantauan media ini di lokasi proyek tepatnya di dusun Purang, terdapat tumpukan material untuk pembangunan jalan rabat.

Tampak dalam papan informasi, proyek pembangunan jalan stapak rabat beton dengan anggaran dana desa Tahun Anggaran 2023 sejumlah Rp195.240.150 tuk volume pekerjaan 280 M.

Media ini coba mengkonfirmasi kepala desa Compang Namut terkait keterlambatan pembangunan jalan rabat itu.

Siprianus Pasang, Kepala Desa Compang Namut, via gawainya kepada infopertama.com ketika dihubungi Selasa, 20 Februari 2024 siang mengakui ikhwal proyek yang belum rampung itu.

Namun, Pasang memastikan proyek itu akan selesai pada Sabtu pekan ini.

Menurut Kades Compang Namut, keterlambatan pengerjaan itu karena pencairan dana desa baru cair pada tahap tiga (3).

“Sabtu selesai, pengaruh tahap 3 di cair anggaran,” tulis Siprianus via gawainya.

Hal lain yang menghambat pengerjaan proyek yang bersumber dari dana desa itu, juga karena kondisi cuaca, curah hujan yang melanda wilayah Compang Namut.

“Pas kole usang.” Dalih Kades Siprianus Pasang dalam bahasa daerah.

Warga Desa Compang Namut, Yohanes, yang ditemui infopertama.com berharap proyek tersebut segera diselesaikan.

“Semoga saja pak Kades mau selesaikan itu (pengerjaan -Pen). Saya dengar kabar mereka tidak lanjutkan, biarkan begitu saja.” Tutur Yohanes, Selasa (20/2).

Demikian Yohanes, pihak-pihak di dinas terkait agar cek semua proyek fisik tahun 2023 di desa.

Sementara itu, Kepala bidang (Kabid) Pembangunan Desa kabupaten Manggarai, Paulus K. Gani saat dimintai komentarnya mengaku sedang berada di Jakarta.

“Terimakasih informasinya. Nanti saya cek dulu, kebetulan sekarang sedang ada kegiatan dinas di Jakarta.” Ujar Polus via sambungan seluler, Rabu (21/02).

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV