Pilkada 2024, Politisi Gerindra Yohanes Halut Daftar Cabup di DPD NasDem Manggarai

Ruteng, infopertama.com – Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Yohanes Halut mendaftarkan diri ke DPD Partai NasDem sebagai Calon Bupati Manggarai periode 2024 – 2029 pada helatan Pilkada Serentak yang gelar 27 November 2024.

Anggota DPRD Provinsi NTT 3 (tiga) Periode itu menyambangi DPD Partai NasDem pada Senin, 6 Mei 2024 sekira pukul 10.00 WITA didampingi fungsionaris Partai Gerindra, keluarga dan pendukungnya.

Dalam sambutannya, Yohanes Halut merasa bangga bisa mendaftarkan diri ke Partai NasDem dan berharap bisa bekerjasama atau berkoalisi menuju Pilkada Manggarai 2024.

Di hadapan pengurus dan Panitia Penjaringan DPD Partai NasDem, Yohanes Halut menawarkan Visi yang dinamakan Manggarai TKMB. Artinya, “Manggarai yang Transformatif, Kolaboratif, Mandiri, dan Berbudaya: Memimpin dengan Hati, Berkarya untuk Kesejahteraan Bersama”.

Lebih jauh, ujar Yohanes bahwa dirinya bersama partai Gerindra memiliki visi untuk menjadikan Kabupaten Manggarai mandiri dan tangguh, di mana setiap warga merasakan kesempatan yang sama untuk berkembang dan berkontribusi.

“Kami akan memimpin dengan keberanian dan kebijaksanaan, mengarahkan langkah-langkah menuju masa depan yang cerah dan penuh harapan. Bersama-sama, kami akan berkarya untuk menciptakan kesejahteraan yang merata bagi seluruh masyarakat Manggarai.”

Dalam rangka mewujudkan Manggarai TKBM itu, Halut berkomitmen untuk membangun Kemandirian dalam Pertanian dengan mendorong inovasi dan teknologi di sektor pertanian untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Hal itu bisa diaplikasikan berupa memberikan pendampingan dan bantuan kepada petani untuk meningkatkan diversifikasi produk dan akses pasar.

Langkah berikut, kata Yohanes Halut yakni mengembangkan Pariwisata yang Tangguh.

Pada poin itu bisa dengan memperkuat infrastruktur pariwisata dan layanan publik di destinasi wisata utama.

“Mendorong pengembangan industri pariwisata yang berkelanjutan dengan mengedepankan kearifan lokal dan pelestarian lingkungan.” Ungkapnya.

Selain itu, hal penting lainnya adalah menggalang Partisipasi Masyarakat yakni dengan membangun kemitraan yang kuat antara pemerintah dan masyarakat dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaan program pembangunan.

“Mengaktifkan peran aktif masyarakat dalam pelestarian lingkungan dan pengembangan potensi ekonomi lokal.” Ungkap Yohanes Halut yang dulu populer dengan panggilan Yoan Gelu.

Yang tak kalah penting bagi Yohanes Halut adalah terkait Pelestarian Alam dan Budaya di Tanah Nuca Lale dengan melakukan langkah-langkah konkret untuk melindungi dan memperkaya keanekaragaman hayati dan budaya Manggarai.

“Mengintegrasikan pengetahuan lokal dan kearifan budaya dalam setiap program pembangunan dan konservasi.”

Pembangunan Infrastruktur dan Aksesibilitas yakni meningkatkan aksesibilitas transportasi dan infrastruktur pendukung untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata.

Menurutnya, upaya itu berupa membangun fasilitas publik yang memadai untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Demikian Yohanes Halut bahwa demi mewujudkan semua itu juga penting tuk melakukan Penguatan Kapasitas SDM.

Bicara SDM maka harus meningkatkan akses dan mutu pendidikan serta pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing tenaga kerja.

“Mendorong kreativitas dan inovasi dalam semua lapisan masyarakat untuk mengembangkan potensi ekonomi lokal.”

Mengakhiri sambutannya, Yohanes Halut menjelaskan Kabupaten Manggarai mandiri dan tangguh merupakan perwujudan dari peran aktif dan peran serta masyarakat dalam menentukan arah pembangunan.

“Maka dengan rendah hati kami mengajak Ema Ende Ase Kae untuk memberikan masukan terkait permasalahan-permasalahan apa yang ada di wilayah manggarai yang harus dibenahi atau ide dan gagasan apa saja untuk kemajuan Kabupaten manggarai. Masukan Ema Ende Ase Kae akan menjadi masukan berarti bagi kami dalam membedah permasalahan yang dihadapi masyarakat dan akan membantu kami memetakan pembangunan di Kabupaten Manggarai demi tercapainya kabupaten yang mandiri dan tangguh.” Harap Politisi Partai Gerindra itu.

Sementara itu, ketua Bapilu DPD NasDem Manggarai, Ferdy Naur menilai komposisi kursi hasil Pileg 2024 Partai Gerindra dan NasDem sudah pas tuk mengusung Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Manggarai pada Pilkada 2024.

Namun, ia juga menegaskan bahwa semua bakal calon yang sudah mendaftar akan berproses di NasDem, dan kami tidak mempersulit para bakal calon dalam berproses.

Nantinya, lanjut Ferdy Naur bahwa elektabilitas para bakal calon berdasarkan hasil survei internal partai NasDem menjadi salah faktor utama bagi DPP memberikan SK dukungan.

Ikuti infopertama.com di Google Berita dan WhatsApp Chanel 

 

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV