Petahana Keok Lawan Kotak Kosong

Petahana Keok Lawan Kotak Kosong
Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, melantik 83 kades terpilih di Aula Sebuku, Lampung Selatan, pada 9 November 2021. Foto: Istimewah

Kalianda, infopertama.com – Calon kepala desa (kades) petahana di Desa Babulang, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, kalah melawan kotak kosong. Dengan demikian, jabatan kepala desa Babulang diisi oleh penjabat (Pj) kepala desa.

Politik kotak kosong baru saja terjadi di Pemilihan Kepala Desa Babulang, Kabupaten Lampung Selatan. Kotak kosong itu menang, mengalahkan petahana, Iskandar Sahad.

Kotak kosong yang menang tersebut tiba-tiba saja menjadi representasi calon kades Suherman yang meninggal dunia setelah Ia resmi menjadi calon tetap.

Andai alharhum Suherman masih ada, tentu hari ini ia berbahagia, merayakan kemenangan memperoleh suara terbanyak pada Pilkades Lampung Selatan, Kamis (28/10).

Perolehan suara kotak kosong mendominasi perolehan suara dengan jumlah total suara 417 suara. Sementara petahana Iskandar Sahad 370 suara.

Ada dua TPS di Desa Babulang. Di TPS 1 nomor urut 1 (kotak kosong) memperoleh 237 suara dan nomor urut 2 159 suara. Kemudian di TPS 2, nomor urut 1 (kotak kosong) 180 suara, nomor urut 2 sebanyak 211 suara.

Pelantikan Kades Terpilih

Pelantikan kepala desa di Lampung Selatan secara keseluruhan hanya 83 kades dari semula jumlah kepala desa sebanyak 84 orang.

Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, melantik 83 kepala desa terpilih hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak gelombang I, di Aula Sebuku, Kalianda, Selasa, 9 November 2021.

Pelaksanaan pelantikan dalam dua sesi.  Selain itu, pendamping kepala desa menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pelantikan 83 kepala desa masa jabatan 2021-2027 tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bupati Lampung Selatan Nomor: B/531,532 dst s.d 612/IV.13/HK/2021 tanggal 9 November 2021.

Pada kesempatan itu, juga melantik ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) desa yang merupakan istri kepala desa oleh Winarni Nanang Ermanto.

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto meminta kades yang baru dilantik merangkul seluruh komponen masyarakat membangun desa.

“Mari lupakan segala perbedaan, mari bersama membangun desa. Pesta demokrasi telah selesai, sekarang laksanakan tanggungjawab dan tuntutan masyarakat yang menginginkan suatu perubahan di segala bidang.

Membutuhkan kebersamaan, persatuan dan kesatuan dalam membangun desa,” katanya.

Pada kesempatan itu, Nanang berpesan kepada seluruh kades untuk mendukung pemerintah melaksanakan vaksinasi covid-19. “Bagi kades yang baru untuk meningkatkan dukungan capaian vaksinasi,” ujarnya.

Pesta demokrasi Pilkades serentak gelombang I tahun 2021 telah berakhir dan menghasilkan 83 kepala desa terpilih secara demokrasi dari 17 kecamatan.

Kontributor: Iskandar

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV