daerah  

Peringati HUT Ke-62, PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Ruteng Lakukan Kegiatan Penghijauan

Pemuda Pancasila Kecamatan Ruteng saat kegiatan reboisasi

Manggarai, inforpertama.com – Peringatan 93 tahun Hari Sumpah Pemuda yang jatuh bersamaan dengan Hari Ulang Tahun ke-62 Organisasi Pemuda Pancasila (PP) pada tanggal 28 Oktober 2021. Mereka merayakannya dengan kegiatan penghijauan lingkungan oleh Pengurus Anak Cabang (PAC) PP Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT.

Pemuda Pancasila Kecamatan Ruteng melaksanakan kegiatan reboisasi tersebut pada Rabu (27/10/2021). Reboisasi dengan tiga titik lokasi pusat mata air.  Yaitu Wae Ulu Nawe, Wae Ulu Wunut dan Wae Ulu Kal.

Kegiatannya dengan menanam ribuan anakan pohon di sekitar mata air.

Ketua PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Ruteng, Hery Maru menjelaskan, penentuan mata air sebagai titik penghijauan agar pelestarian hutan di sekitar mata air tetap terjaga. Sehingga dengan demikian akan berpengaruh terhadap kondisi air yang bersih dan tidak mati saat musim kemarau.

“Kegiatannya reboisasi melibatkan Pemuda Pancasila dan karangtaruna dari desa Belang Turi. Lalu, bersama beberapa warga masyarakt setempat.” Kata Hery melalui pesan WhatsApp kepada infopertama.

Hery mengatakan, dukungan masyarakat dan para pemuda membuat semangat para pengurus Pemuda Pancasila Kecamatan Ruteng terpacu. Masyarakat, kata dia, sangat mendukung kegiatan sosial Pemuda Pancasila.

“Karena ini merupakan kegiatan sosial sangat membangun demi kepentingan masyarakat setempat. Soal respon masyarakat pasti mereka sangat mendukung. Ini terbukti dari peran serta masyarakat yang sangat antusias sekali,” jelas Hery.

“Harapan kami dari Pemuda Pancasila Kecamatan Ruteng, agar ini menjadi contoh dan semangat yang bagus buat teman-teman di Kecamatan Ruteng. Dan, Kabupaten Manggarai pada umumnya,” tambah Hery.

Apresiasi dari pengurus Pusat Pemuda Pancasila

Terpisah koordinator umum Pemuda Pancasila wilayah Indonesia Timur khusus Nusa Tenggara Timur (NTT) Adrianus agal, SH menyampaikan apresiasi atas kegiatan reboisasi pemuda pancasila Kecamatan Ruteng. Menurutnya kegiatan tersebut memiliki nilai edukasi yang tinggi bagi masyarakat.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk alam kita yakni dengan menanam pohon. Kenapa seperti itu karena reboisasi ini sangat penting karena menghijaukan kembali hutan yang sudah gundul atau rusak. Dan, saya juga selaku koordinator untuk khususnya NTT sangat apresiasi dengan ketua Pimpinan Anak Cabang Pemuda Pancasila Kecamatan Ruteng.” Kata Ardi Agal, kepada infopertama.

Ardy Agal mengatakan, Hery Maru selaku ketua Pemuda Pancasila Kecamatan Ruteng berhasil memberi contoh dan teladan yang baik. Teladan terhadap anak muda Kecamatan Ruteng dan secara umum Kabupaten Manggarai.

“Jadi mungkin dengan kegiatan seperti ini yang akan menjadi contoh untuk anak muda kedepan. Bahwa, saatnyalah anak muda berbuat,” kata Ardi Agal.

“Ketua P2W Indonesia timur Bung Bintang Prabowo dan Ketua Umum Pemuda Pancasila Japto Soelistyo Soerjosoemarno sangat mengapresiasi kegiatan Pemuda Pancasila Kecamatan Ruteng Kabupaten Manggarai.” Tutup Ardi. (ip03)

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV