Manunggal Air Kodim 1612 Manggarai Siap Bantu Pemenuhan Air Irigasi Warga Jaong – Satar Mese

Ruteng, infopertama.com – TNI AD, Kodim 1612 Manggarai menyatakan kesiapannya membantu pemerintah Kab. Manggarai dalam program Manunggal Air memenuhi kebutuhan air tuk irigasi bagi masyarakat di Kampung Jaong, desa Jaong, kecamatan Satar Mese.

Kesanggupan itu disampaikan Dandim 1612 Manggarai, Dryan Priambodo melalui Kasdim Kolonol inf. Topan Novianto saat melakukan dialog dengan masyarakat di Rumah Gendang Jaong dalam agenda Upaya Khusus Mencegah Kerawanan Pangan Wujudkan Ketahanan Pangan, Jumat, 31 Mei 2024.

Demikian Kasdim Kolonel Topan merespon usulan usulan warga gendang atas kondisi kesulitan mengakses air untuk kepentingan irigasi bagi lahan-lahan mereka. Yang pada sisi lain, kondisi irigasi Wae Rani di desa Jaong tidak cukup untuk mengairi lahan-lahan pertanian warga.

Menurut Kolonel Topan, pihaknya siap membantu pemerintah dalam kerja kolaborasi mendekatkan sumber air bagi masyarakat, termasuk irigasi perpipaan.

“Kami dari Kodim 1612 Manggarai juga siap membantu tuk mendekatkan air kepada masyarakat, asal segera buat usulannya. Kalau ada sumber airnya, kita lihat letaknya baru kita pikirkan caranya. Jika kondisinya di bawah maka kita siaokan pompa hydram, jika di ketinggian maka nanti akan sambungkan pipa-papanya.” Ungkap Kasdim Kolonol Topan.

Ia menambahkan, namun kalaupun tidak ada sumber air maka nanti kita lakukan dengan cara membuat sumur bor, demi kepentingan kesejahteraan masyarakat umum melalui kegiatan-kegiatan pertanian.

Sebagaimana diketahui, TNI AD di NTT sedang menggalakan program Manunggal Air yang dipimpin langsung oleh kasrem 161 Wirasakti Kupang,  Jendral Simon Petrus Kamlasi.

Catatan infopertama.com, dalam beberapa tahun belakangan Jendral Simon Petrus Kamlasi (SPK) sudah mengerjakan pompa Hidram di 241 titik  dan 51 titi sumur bor di NTT.

Jumlah titik tersebut mampu mendukung kebutuhan air rata-rata perhari/kapita 202,032 jiwa atau 3,63 persen jumlah penduduk NTT yakni 5.569.068 jiwa.

Ikuti infopertama.com di Google Berita dan WhatsApp Chanel 

 

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV