Gubernur Viktor Apresiasi Motif Dasar Songke, Tenunan Khas Manggarai

Gubernur Viktor
Bupati Manggarai, Hery Nabit menyerahkan Cendramata Kain Songke kepada Gubernur NTT Viktor B. Laiskodat di Rujab Bupati. (Foto: Charles)

Ruteng, infopertama.com – Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat mengapresiasi motif dasar tenunan Songke, khas Manggarai. Apresiasi itu Gubernur Viktor sampaikan saat tiba di Ruteng dalam rangka melanjutkan kunjungan kerja di Kabupaten Manggarai selama dua hari.

Gubernur Viktor tiba di rumah jabatan Bupati Manggarai pada pukul 19:00 wita. Dan, terima secara adat Manggarai dengan ritus tuak Kapu.

Bupati Manggarai menerima Rombongan Gebernur didampingi Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut, Dandim 1612 Manggarai, Kajari Manggarai, Kapolres Manggarai. Dan, seluruh pimpinan OPD pemkab Manggarai.

Viktor memberi sambutan singkat dari Bupati Hery Nabit sekaligus menyerahkan cendramata berupa tenunan dasar songke Manggarai.

Sebelum menyerahkan cendramata, Bupati Menjelaskan kepada Gubernur arti setiap motif dan simbol yang tertuang dalam tenunan songke.

“Hari ini genap satu tahun bapak gubernur mengunjungi kami lagi, kami suda mengumpulkan narasi-narasi terkait motif songke. Kait ini merupakan motif dasar songke Manggarai,” ungkap Bupati Hery saat menjelaskan kepada Gubernur di Rujab Bupati, Minggu, 17 April malam.

Bupati Hery menjelaskan, setiap penenun Manggarai harus bisa mengerjakan motif dasar yang ada pada songke cendramata yang ia serahkan langsung kepada gubernur.

Menanggapi pemberian cendramata tersebut, Gubernur menyampaikan motif ini merupakan jenis kain yang bernilai tinggi.

“Terima kasih, ini motif yang bernilai tinggi,” ungkap gubernur Viktor.

Informasikan gubernur Viktor akan melanjutkan kunjungan kerja selama dua hari di Kabupaten Manggarai. Adapun agenda antara lain meninjau jalan di Bea Mese Kecamatan Ciba, TJPS di Nao Satar mese Utara, dan peresmian Lahan bambu di Goloworok. Kemudian meninjau perkebunan sayur berupa greenhouse di Poco Likang, Kecamatan Ruteng.

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV