Diapresiasi Biofarma, Pemkab Manggarai Jadi yang Pertama Menginisiasi Vaksinasi Kanker Serviks

Ruteng, infopertama.comPT Biofarma (BUMN) mengapresiasi niat baik pemerintah kabupaten Manggarai yang care dengan kesehatan kaum perempuan terutama dalam program vaksinasi kanker serviks.

Apresiasi itu disampaikan langsung Fery Arie Nugroho, Regional Manager Jatim Bali Nusa Tenggara usai giat sosialisasi vaksinasi kanker Serviks, Demam Berdarah dan Influenza, Sabtu, 6 Juli 2024 di MCC Ruteng.

“Tuk tahun ini (2024) baru pemerintah kabupaten Manggarai yang menginisiasi program vaksinasi gratis, ya. Meskipun nanti akan bertahap dan nanti akan dilihat lagi siapa sasarannya sesuai dengan screening yang dilakukan oleh dinas kesehatan.” Ungkap Fery Arie Nugroho.

“Ini langkah positif, kami sangat mengapresiasi kepedulian pemerintah kabupaten Manggarai yang telah menginisiasi ini. Ini suatu yang luar biasa, dan akan lebih luar biasa lagi kalau masyarakatnya mendukung program ini dengan memiliki kesadaran melakukan konsultasi dengan dokter di faskes-faskes yang ada.”

Demikian Fery Nugroho menjelaskan, program vaksinasi kanker serviks akan terus berjalan dari tahun ke tahun. Sehingga, penyakit kanker Serviks di kabupaten Manggarai bisa ditekan karena vaksinasi ini satu-satunya cara untuk pencegahan virus kanker serviks.

Menurutnya, pemerintah pusat melalui kementrian kesehatan memang menyediakan vaksin gratis. Tetapi, masih fokus di puskesmas untuk vaksin anak, balita, bayi. Dan, kalau untuk kanker serviks pemerintah masih menggratiskan untuk anak kelas 5 dan 6.

Vaksinasi Kanker Serviks
Fery Arie Nugroho, Regional Manager Jatim Bali Nusa Tenggara

“Dan di luar itu untuk ibu-ibu yang usia di atas sekolah dasar tentunya baik itu yang sudah menikah atau belum menikah, perlindungan terhadap kanker serviks ini masih belum jadi tanggungan pemerintah pusat. Namun, ini menjadi upaya pemerintah kabupaten Manggarai.” Ungkap Fery Arie sembari mengacungkan jempol.

Sebelumnya, Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit dalam sambutannya saat membuka acara sosialisasi Vaksinasi tersebut menyampaikan hal ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab terhadap kondisi kesehatan wanita, terutama Kaum Ibu.

Menurut Bupati Hery, kesadaran akan kesehatan kaum perempuan penting untuk dilakukan. Karena menurutnya ibu di dalam rumah tangga mempunyai peran penting, sehingga ibu harus sehat.

“Kita mengetahui, melihat, dan ikut merasakan bagaimana sakitnya mengalami kanker, untuk ibu-ibu biasanya Kanker Payudara dan Kanker Rahim. Kita juga menyaksikan bagaimana setelah para Ibu penderita kanker menyerah dan meninggal, banyak goncangan terhadap rumah tangga-rumah tangga. Sebagian rumah tangga bisa kembali berjalan baik, sebagian lagi limbung karena kehilangan Ibu. Kehadiran seorang Ibu menentukan baik/buruknya sebuah generasi,” jelas Bupati Hery.

Karenanya, lanjut Bupati Hery, Pemda Manggarai mengundang para ahli dan PT Biofarma untuk melakukan sosialisasi pencegahan dan penanganan kanker Serviks.

“Karena itu, Pemkab Manggarai peduli pada kondisi ancaman ini dan memutuskan untuk mengundang para ahli dan pihak PT. Biofarma untuk melakukan sosialisasi pencegahan dan penanganan kanker serviks. Tujuannya adalah supaya banyak pihak memeroleh informasi yang akurat dan dapat dipercaya mengenai kanker serviks, sehingga pencegahan dan deteksi dini dapat dilakukan,” tutur Bupati Hery Nabit.

“Sebagai tindak lanjut, saya sudah mengarahkan Kadis Kesehatan untuk merencanakan pelaksanaan screening dan kemudian vaksinasi dalam tahun ini bagi para Ibu yg terdeteksi memiliki tingkat resiko tinggi mengidap kanker serviks,” ungkap Politisi PDI Perjuangan itu.

Sementara untuk tindak lanjut dari hasil sosialisasi pencegahan dan penanganan kanker Serviks, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) dr. Tommy Hermopan mengatakan akan segera merencanakan program vaksin Kanker Serviks.

Tahun 2024 ini Pemkab Manggarai akan memulai vaksinasi pencegahan kanker Serviks terhadap 1000 perempuan dulu.

“Kita rencanakan tahun ini akan melakukan vaksinasi pada 1000 orang. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk ibu-ibu kita di Manggarai,” ungkap dr. Tommy.

Ikuti infopertama.com di Google Berita dan WhatsApp Chanel 

 

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV