Anggota Polsek Komodo Ditegur Kasie Propam, Ini Alasannya

Labuan Bajo, infopertama.com
Kasie propam Polres Manggarai Barat (Mabar), Polda Nusa Tenggara Timur (NTT), menegur anggota Polsek Komodo dan Lembor. Ia menegur anggotanya itu dalam giat memastikan masyarakat Kabupaten Mabar mendapatkan pelayanan yang baik dari anggota Polri di level paling bawah.

Untuk memastikan pelayanan anggota berjalan dengan baik, Kasi Propam Polres Mabar IPDA Nyoman Budiarta bersama anggota Propam Polres Mabar melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Polsek Komodo dan Polsek Lembor, Minggu (13/02/2022) dini hari sekira pukul 03.00 Wita.

Di Polsek Komodo dan Polsek Lembor, Kasi Propam mengecek kesiap siagaan anggota piket dan keberadaan sel tahanan serta kebersihan Mako Polsek.

Kasie Propam
Foto: Istimewah

Selain itu, Kasi Propam juga mengecek dan memeriksa buku mutasi dan barang inventaris lain berupa senjata api (senpi) dan kendaraan dinas.

Saat sidak berlangsung pada dua polsek tersebut, kasie propam menemukan buku mutasi yang tidak diisi dengan baik. Sehingga Ia langsung memberikan teguran kepada anggota untuk memperbaiki temuan itu.

“Yang menjadi temuan diharapkan agar segera dibenahi,” tuturnya.

Kedua Polsek tersebut tidak memiliki tahanan. Namun Kasie Propam menekankan pada aspek kebersihan mako serta tata cara memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kita melakukan sidak bukan untuk mencari kesalahan anggota, namun memastikan keberadaan anggota dan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Kehadiran kita ke sini bukan untuk mencari-cari kesalahan. Tetapi untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat,” tandas IPDA Budi.

Sengaja kami sidak pada dini hari agar memastikan kesigapan anggota melakukan pelayanan bagi masyarakat dan pengawasan melekat (waskat) kepada anggota.

“Pada intinya Sie Propam akan terus melakukan waskat kepada Polsek jajaran Polres Mabar untuk selalu siap melayani kebutuhan masyarakat,” pungkasnya.

Selain itu, IPDA Nyoman Budiarta menegaskan kalau Sie Propam mengecek hal yang menjadi atensi pimpinan mengenai direktif Kapolri, Kadiv Propam dan Kapolda NTT soal pelayanan.

“Kita harus pastikan direktif pimpinan secara berjenjang terlaksana dengan baik atau tidak. Jika tidak maka harus kita ingatkan,” ujarnya.

Pelayanan Humanis

Ia juga mengingatkan agar anggota selalu siap dan siaga menerima laporan masyarakat saat melakukan piket jaga serta memberikan pelayanan secara humanis.

“Anggota Polri harus memberikan pelayanan prima dan humanis kepada masyarakat yang datang ke Kantor Polisi,” tegas perwira balok satu itu.

Terkait dengan keterbatasan sarana dan prasarana di Mako, Kasi Propam minta agar tidak mematahkan semangat kita untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Dengan keterbatasan sarana dan prasarana yang ada jangan sampai mematahkan semangat kita untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap IPDA Budi.

“Kita perlu memberikan apresiasi kepada anggota yang melakukan piket dengan baik. Dan kebersihan Mako tetap terjaga,” tambahnya.

Patut semua anggota ketahui bahwa Sidak ini merupakan sarana koreksi pimpinan kepada bawahan. Sehingga anggota perlu melakukan perbaikan apa yang menjadi temuan.

Mengharapkan anggota tetap semangat untuk melaksanakan tugas meskipun dalam masa pandemi Covid-19. Dan, selalu memberikan edukasi kepada masyarakat, karena kita sebagai pelopor berada di garda terdepan untuk bersama-sama masyarakat memberantas Covid-19.

“Anggota harus tetap semangat dalam memberikan edukasi kepada masyarakat untuk sama-sama memberantas Covid-19,” tutup mantan KBO Resnarkoba itu.

Sumber: Humas Polres Mabar

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV