Religi  

Renungan Katolik, Hidup Bersama Yesus Setiap Hari

Hidup Bersama Yesus

Selasa, 3 Mei 2022
Pesta St. Filipus dan Yakobus, Rasul
1Kor 15:1-8 & Yoh 14:6-14
[Thn. VI-SS/123/5/2022]

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada Tomas, “Akulah jalan, kebenaran dan hidup. Tidak seorang pun dapat datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia, dan kamu telah melihat Dia.”

Kata Filipus kepada Yesus, “Tuhan, tunjukkanlah Bapa kepada kami, dan itu sudah cukup bagi kami.” Kata Yesus kepadanya, “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata “Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami”?

Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya, barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

Hidup Bersama Yesus Setiap Hari

Cinta kepada Bunda kita akan menjadi hembusan yang menyalakan bara kebajikan, yang tersembunyi di bawah abu semangatmu yang suam-suam kuku, menjadi kobaran api yang hidup. St. Josemaria Escriva

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih,
setiap hari kita harus membangun kesadaran untuk selalu ada bersama dengan Yesus. Ada bersama menuntut keterlibatan seluruh diri kita tanpa kecuali.

Dengan cara demikian, maka kita akan mengenali Yesus bukan karena pengetahuan yang kita peroleh tetapi karena kita sendiri telah mengenal dan mengalami sendiri Yesus dalam kehidupan kita setiap hari.

Pengalaman Paulus dalam bacaan pertama, menggoreskan cerita bahwa keberaniannya untuk mewartakan Injil karena Yesus sendiri telah menampakkan diriNya kepadanya. Paulus mengalami sendiri bagaimana Yesus menangkapnya dan menjadikannya rasul. Pengalaman akan disentuh oleh Kasih Yesus telah menarik dan mengubah Paulus.

Hidup Bersama Yesus

Karena itu, dengan tegas Paulus mengingatkan kepada kita bahwa “Oleh Injil Itu Kamu diselamatkan asal kamu teguh berpegang padanya” (1 Kor 15:2). Menghabiskan waktu dengan meditasi Injil menjadi salah satu cara kita untuk mengalami Yesus yang hidup dulu, kini dan selamanya.

Yesus yang selalu ada bersama kita setiap saat, setiap hari. Kata-kata Yesus kepada Filipus menorehkan sebuah pertanyaan yang sangat dalam tidak hanya bagi Filipus pada saat itu tetetapi juga bagi kita saat ini “Telah sekian lama aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku?” ( Yoh 14:9).

Telah sekian lama, kita dibaptis, telah sekian lama kita menjadi pengikut Yesus, telah sekian lama kita mengabdikan seluruh hidup kita kepadaNya, tetapi kita masih belum mengenalNya? Apakah kita sungguh telah ada bersama DIA, kalau kita sendiri belum mengenalNya?

Yesus selalu ada bersama dengan kita, hanya saja kita yang kurang memberikan waktu untuk ada bersama denganNya. Kita masih terlalu focus dengan keinginan diri sendiri dan segala kenikmatannya sehingga kita tidak bisa merasakan kehadiranNya dan mengenalNya dalam setiap peristiwa hidup harian kita.

Jalan, Kebenaran dan Hidup

Karena itu, kita perlu kembali ke dalam keluarga dan komunitas kita. Kita perlu menyadari kembali bahwa Yesus adalah jalan, kebenaran dan hidup (Yoh 14:6).

Dengan kesadaran ini, maka kita tidak akan pernah mencari jalan lain selain jalan Yesus, kita tidak akan mencari kebenaran lainnya sebab di dalam Yesus ada kebenaran yang sejati dan kita tidak akan pernah binasa sebab di dalam Dia dan hanya di dalam Dia ada kehidupan.

Tetapi, kita sering mencari jalan lain yang terasa nikmat bagi kita tetapi justru mendatangkan kebinasaan, kebencian, kehancuran, perselisihan, dendan dan perpecahan. Kita harus bisa ada bersama Yesus setiap saat, setap hari. Ada bersama dan mengalaminya dalam setiap peristiwahidup setiap hari menjadi kunci utama untuk mengenali Yesus secara pribadi!

Salam dan doaku KASIH PUTIH dari HATI yang TULUS MENCINTAI
Berkat dan doaku
Pastor Ryano Tagung, Pr

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti infopertama.com di Google Berita dan WhatsApp Chanel 

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV