Johny Asadoma, Bintang Tinju Dunia Kini Jabat Kadivhubinter Polri

Johny Asadoma
Brigjen Yohanis Asadoma, Rabu (9/1/2019) menerima ayama jantan saat ritual adat penyambutannya di Kantor Polres Manggarai dalam kunjungan kerja mendampingi Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat di Kabupaten Manggarai, Flores, NTT.(KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

Jakarta, infopertama.com – Irjen Pol Johanis Asadoma yang kini Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadivhubinter) Polri adalah bintang tinju dunia. Jenderal polisi bintang dua ini pernah berkiprah di SEA Games hingga Olimpiade.

Johanis Asadoma atau Johny Asadoma sebelum masuk taruna Akpol, jendral kelahiran Denpasar, 08 Januari 1966 ini menjalani profesi sebagai petinju nasional Indonesia dengan berbagai prestasi tingkat nasional dan internasional.

Prestasinya di level nasional, salah satunya meraih medali perunggu kelas laying kejuaraan bergengsi Sarung Tinju Emas (STE) ke-7 di Denpasar, Bali pada tahun 1982 (mewakili NTT).

Di level Asia Tenggara, suami dari ibu Vera Christina Sirait, M.Sc meraih medali emas kelas layang SEA Games XII di Singapura (1983). Di level turnamen terbuka bergengsi merebut medali emas Piala Presiden VII di Jakarta (1984). Kemudian, Johny pernah mewakili Indonesia dalam Olimpiade XXII di Los Angeles (1984).

Johny Asadoma merupakan lulusan Akpol 1989 yang berpengalaman dalam bidang Brigade Mobil (Brimob). Sebelum menjabat Kadivhubinter Polri, Johny menduduki posisi Wakapolda Nusa Tenggara Timur (NTT). Ayah dari Veronica Gabriela Margareth Asadoma dan Deaniel Benjamin Asadoma ini juga pernah memimpin Kontingen Garuda Bhayangkara FPU Indonesia pertama yang bergabung dalam Pasukan Perdamaian PBB di Darfur, Sudan.

Berikut perjalanan karier Irjen Johanis Asadoma:

Komandan Peleton Brimob Polda Sulut

Komandan Kompi Mako Brimob

Kepala Sub Bidang Gegana Polri

Danyon Brimob Bogor Polda Jabar (2002-2003)

Komandan Brimob Binjai Polda Sumut (2003-2005)

Kapolresta Binjai Polda Sumut (2005-2007)

Analis Kebijakan Madya bidang Akpol Lemdiklat Polri

Kabagkembangtas Romisinter Divhubinter Polri (2013)

Karomisinter Divhubinter Polri (2016)

Wakapolda Sulawesi Utara (2017)

Wakapolda NTT (2018)

Kadivhubinter Polri (2020-sekarang)

Perjalanan karier sebagai petinju:

Meraih Medali perunggu kelas layang kejuaraan Sarung Tinju Emas ke-7 di Denpasar (1982) mewakili NTT

Medali emas kelas layang Sea Games XII di Singapura (1983)

Medali emas Piala Presiden VII di Jakarta (1984)

Mewakili Indonesia dalam Olimpiade XXII di Los Angeles (1984)

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV