Gotong Royong Perbaiki Jalan, Warga Namut Harapkan Perhatian Pemda

Gotong Royong
Warga Lingko Namut Gotong Royong Perbaiki Jalan Rusak. Foto: istimewah

Ruteng, infopertama.com – Warga lingko Namut Kelurahan Waso bergotong royong memperbaiki jalan utama akses menuju pemukiman warga. Aksi gotong royong ini berawal dari keprihatinan bersama terkait jalan utama ke lingko Namut yang mengalami kerusakan parah.

Padahal, jalan tersebut baru bangun pada tahun 2018. Sejak tahun 2020, akses keluar masuk warga lingko Namut sedikit terganggu akibat rusaknya badan jalan. Terdapat sekitar 5 titik jalan yang kerusakannya sangat parah. Pada titik-titik jalan tersebut, warga maupun pelintas yang berkendara sering mengalami kecelakaan. Kerusakan jalan ini kemungkinan karena tidak adanya drainase di samping kiri dan kanan jalan.

Sejak jalan tersebut mengalami kerusakan parah, kebanyakan warga Lingko Namut lebih memilih melewati jalur alternatif. Yaitu jalur SMA N 2 Ruteng, susteran AP dan jalur lintas luar. Meskipun sedikit jauh dan rusak namun jalur ini lebih rata daripada jalur akses utama yang rusak parah dan terjal.

Demi kelancaran akses keluar masuk warga yang bermukim di lingko Namut, kurang lebih 30 kepala keluarga berinisiatif mengumpulkan dana untuk memperbaiki titik-titik jalan yang rusak.

Salah satu warga Lingko Namut yang berinisiatif melakukan aksi gotong royong ini mengatakan tidak ada ojek yang mau ke sini. Ibu-ibu jadinya harus jelan jauh jika hendak ke pasar.

“Selama ini, sejak jalan utama ini rusak, tidak ada ojek yang mau mengantar ibu-ibu sampai ke depan rumah. Terpaksa ibu-ibu yang pulang belanja di pasar harus berjalan kaki naik menuju rumah kurang lebih 800 meter dari jalan raya.”

“Demikian juga kendaraan kami, harus parkir jauh dari rumah dan rawan terjadi pencurian kendaraan bermotor.” Lanjut warga yang biasa disapa Bapa Gonsa ini.

Aksi gotong royong memperbaiki jalan ini sudah mulai sejak Sabtu, 29 Januari 2022 dan akan berlanjut sampai perbaikan semua titik yang mengalami kerusakan parah ini selesai. Warga sangat berharap agar pemerintah memberi perhatian dan perbaikan permanen terhadap jalan utama warga lingko Namut tersebut.

Penulis: Tim

Editor: Redaksi

Ikuti infopertama.com di Google Berita dan WhatsApp Chanel 

 

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV