Biografi Jokowi Tulisan Dirut PLN Terbit dalam Bahasa Jepang

Jakarta, infopertama.com – Kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) membangun Indonesia saat ini dinilai menjadi inspirasi bagi berbagai negara. Hal itu tertuang dalam buku biografi ‘Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia‘ karya Dirut PLN Darmawan Prasodjo.

Setelah sebelumnya diterjemahkan dalam Bahasa Inggris, Arab, Korea, dan Spanyol, buku tersebut kini terbit dalam Bahasa Jepang. Dan, resmi diluncurkan di Akasaka Intercity Conference Center (AICC), Tokyo, Jepang, pada Kamis (23/5).

Peluncuran buku versi bahasa Jepang ini akan memperkokoh hubungan Indonesia-Jepang yang sudah terjalin baik. Sebelumnya, peluncuran buku biografi Jokowi ini juga telah dilakukan di beberapa negara lain. Di antaranya seperti Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Mesir, dan Spanyol.

Diketahui, ratusan peserta yang terdiri dari Perwakilan KBRI, sivitas akademika, pelaku bisnis, dan mahasiswa Jepang yang berasal dari Indonesia dan beberapa negara lainnya hadir membanjiri AICC, Tokyo.

Wakil Duta Besar RI untuk Jepang Maria Renata Hutagalung menyampaikan kepemimpinan Presiden Jokowi terbukti efektif mendorong geliat perekonomian. Khususnya, dalam hubungan bilateral ekonomi Indonesia dan Jepang.

“Pembangunan di era Presiden Jokowi sangat fenomenal. Banyak impian pembangunan yang sebelumnya hanya pembahasan visi dapat diwujudkan oleh Pak Jokowi. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, Pak Jokowi merupakan sosok yang sangat inspiratif dan banyak menginspirasi masyarakat global,” ujar Maria dalam keterangan tertulis, Senin (27/5/2024).

Maria juga berharap diluncurkannya buku biografi Jokowi dalam bahasa Jepang ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat Jepang dengan capaian keberhasilan Presiden Jokowi dalam memimpin negeri juga mendapat apresiasi dari kalangan akademisi.

Pengamat ekonomi Asia dan hubungan internasional Prof. Dr. Tirta Nugraha Mursitama yang juga Wakil Rektor Universitas Bina Nusantara mengatakan kepiawaian Presiden Jokowi membaca situasi global dan mengambil keputusan dengan cermat mampu membawa Indonesia bersaing di tingkat global.

“Presiden Jokowi tidak hanya memahami situasi dalam negeri tetapi juga sekaligus mampu menjawab tantangan persaingan di tingkat global. Sehingga, dalam kebijakannya, Presiden Jokowi mengambil langkah-langkah strategis untuk kepentingan yang lebih luas,” katanya.

Tirta menjelaskan Presiden Jokowi menghadirkan produk regulasi Undang-Undang Cipta Kerja yang diterbitkan untuk mendukung iklim investasi di Indonesia. Kebijakan ini berhasil disahkan dan sukses mendukung kepentingan industri dalam negeri.

Selanjutnya, Tirta juga menyoroti kebijakan hilirisasi industri Presiden Jokowi yang menjadi elemen penting dalam meningkatkan investasi di Indonesia.

Sejalan dengan hal tersebut, konsultan sekaligus praktisi bisnis Indonesia-Jepang Hasanudin Abdurakhman, menjelaskan kebijakan-kebijakan yang dihadirkan di era Presiden Jokowi yang berhasil membangun sistem ekonomi, mendapatkan pujian dari perusahaan Jepang.

Hasanudin juga menceritakan bagaimana pembangunan infrastruktur seperti jalan dan kelistrikan saat masa pemerintahan Presiden Jokowi mendukung berkembangnya industri di Tanah Air.

Tidak hanya dari sisi infrastruktur, Hasanudin juga turut mengapresiasi penyesuaian regulasi yang dibuat saat pemerintahan Presiden Jokowi mendukung iklim usaha di Indonesia, sehingga semakin banyak investor yang tertarik berinvestasi.

“Dulu, Undang-Undang Ketenagakerjaan dibangun untuk menjamin kesejahteraan buruh. Kini, Undang-Undang Cipta Kerja bukan hanya mendukung kesejahteraan buruh, tetapi juga sangat mendukung pengembangan bisnis dan kemudahan berusaha,” imbuhnya.

Menurutnya, selama sepuluh tahun terakhir Indonesia telah mengalami transformasi besar, di mana, dulu pembangunan hanya dirasakan di kota-kota besar. Namun sekarang pembangunan kian merata dan dirasakan sampai ke pelosok negeri. Serta, struktur perekonomian yang dahulu berbasis konsumsi kini berbasis produksi, membuat ekonomi Indonesia jauh lebih produktif.

Darmawan Prasodjo sebagai penulis buku ‘Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia’, mengatakan buku yang ditulis ini tak hanya berbasis pada sudut pandang teknokratis, tetapi mengisahkan bagaimana Presiden Jokowi memetakan mimpi Indonesia dari seluruh rakyat dan membangunnya dalam sebuah kebijakan.

Buku yang kini hadir dalam bahasa Jepang, kata dia, akan menjadi inspirasi masyarakat Jepang. Dan, akan memperkuat fondasi hubungan Indonesia dengan Jepang.

“Tidak hanya selesai pada pertumbuhan ekonomi yang berkembang pesat, Presiden Jokowi juga memberikan akses pendidikan hingga kesehatan pada seluruh masyarakat serta memanfaatkan sumber daya nasional. Langkah Presiden Jokowi ini menjadi fondasi kuat dalam mengakselerasi perekonomian nasional,” kata Darmawan.

Darmawan menuturkan upaya pemerataan pembangunan telah menjadi fondasi yang strategis untuk keberlanjutan Indonesia mendatang.

Selain itu, ia optimistis, Presiden terpilih, Prabowo Subianto, akan mampu memperkuat pembangunan nasional yang akan berimbas kepada pertumbuhan ekonomi.

“Kita bisa melihat tekad yang kuat dari Presiden terpilih Pak Prabowo untuk melanjutkan kemajuan yang dilakukan Pak Jokowi. Pak Prabowo juga berkomitmen untuk menghilangkan kelaparan, mengentaskan kemiskinan, dan memberikan kesejahteraan kepada rakyat,” ungkapnya.

Darmawan menambahkan kepemimpinan Presiden terpilih Prabowo Subianto diyakini akan melanjutkan pembangunan ekonomi Presiden Jokowi. Tak hanya itu, Prabowo juga akan mempercepat dan memperkuatnya.

“Ibaratnya seperti pesawat terbang yang sedang berada di taxiway, dan sekarang saatnya lepas landas,” katanya.

Natalia seorang Mahasiswi Saitama University asal Brazil yang hadir pada peluncuran buku ini mengungkapkan antusiasmenya dan merasa acara ini turut menambah wawasannya mengenai perkembangan Indonesia.

“Saya sangat senang bisa hadir di acara ini. Apa yang saya rasakan tentang kemajuan indonesia, semuanya terangkum dalam buku ini. Peluncuran buku ini juga menjadi motivasi dan wawasan baru bagi para mahasiswa di Jepang,” tuturnya.

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti infopertama.com di Google Berita dan WhatsApp Chanel 

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV