Presiden UEA Meninggal, MBZ Bakal Berkuasa

Presiden UEA meninggal
Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan meninggal dunia pada Jumat (13/5). (The Times of Israel)

Dubai, infopertama.com – Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan meninggal dunia. Ia meninggal pada usia 73 tahun.

Dengan kabar presiden meninggal, UEA akan berkabung selama 40 hari ke depan. Hal ini tandai dengan mengibarkan bendera setengah tiang.

Kementerian dan entitas resmi di seluruh wilayah Uni Emirat Arab akan berhenti beroperasi selama tiga hari.

“Kementerian Kepresidenan mengumumkan bahwa akan ada 40 hari berkabung resmi dengan bendera setengah tiang,” tulis badan tersebut via Twitter pada Jumat 13 Mei 2022.

“Dan tiga hari penutupan kementerian dan entitas resmi di tingkat federal dan lokal dan sektor swasta,” tulisnya lagi.

Ketahui, Presiden UEA Sheikh Khalifa menderita stroke pada tahun 2014 lalu hingga Ia meninggal jarang terlihat di depan umum.

Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed atau populer sebagai MBZ Al Nahyan, yang menjadi penguasa de facto di Uni Emirat Arab.

Pangeran MBZ masih merupakan saudara presiden.

Di Indonesia, pemerintah mengabadikan nama MBZ menjadi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek sebagai bentuk hubungan baik Indonesia dan UEA.

MBZ kabarnya memiliki kans kuat untuk menggantikan presiden yang adalah kakaknya.

Kans MBZ akan berkuasa telah sesuai konstitusi UEA.

Di mana, disebutkan kursi kepresidenan untuk sementara waktu akan dipegang oleh Wakil Presiden dan Perdana Menteri Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum.

Setelah itu, Dewan Tertinggi Federal akan bertemu dalam waktu 30 hari untuk memilih presiden pengganti Sheikh Khalifa.

Menurut kontitusi UEA Pasal 53, pada saat kekosongan jabatan Presiden atau Wakilnya karena kematian atau pengunduran diri, Dewan Tertinggi akan dipanggil.

Melakukan pemanggilan itu ke dalam sesi dalam waktu satu bulan dari tanggal tersebut untuk memilih seorang pengganti kantor yang kosong.

Masih menurut konstitusi UEA pasal 53, Dewan Tertinggi Federal memilih presiden dan wakil presiden setiap lima tahun.

Sedangkan calon presiden yang akan dipilih dewan tersebut yaitu shaikh dari Abu Dhabi dan wakil presiden dari shaikh Emirat Dhubai.

error: Sorry Bro, Anda Terekam CCTV